Manfaat Porang dan Kisaran Harga 2021

Porang atau umbi hutan (Amorphophallus Onchophyllus) di Madiun
Sumber :
  • Antara/ Siswowidodo

VIVA – Porang menjadi tanaman yang populer hingga saat ini. Porang menjadi tanaman ekspor yang sekarang ini banyak digandrungi oleh banyak orang. Tak hanya segudang manfaat yang bisa dirasakan jika mengonsumsi umbi yang satu ini. Ternyata berbisnis porang sangat menggiurkan.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Manfaat Umbi Porang dan Kisaran Harga 2021

Berbisnis umbi porang saat ini sangatlah potensial, terlebih memang pasarnya sekarang hingga ke manca negara. Sebenarnya tanaman yang sering disebut mirip suweg ini, sudah lama ditanam dibeberapa daerah di Pulau Jawa.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Namun sejak tahun 2019, Namanya menjadi populer karena ada salah satu petani asal Madiun yang menviralkan tanaman yang hidup didekat hutan jati ini. Tanaman porang memang sekilas tidak terlihat ada potensinya, karena memang umbi porang tersimpan didalam tanah.

Meski demikian, harga jual umbi ini sangat menggiurkan dan bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan berlipat ganda. Bahkan sekarang ini, banyak orang mencoba ingin berbisnis dengan tumbuhan jenis ini. Pasar ekspor ini sangat menjanjikan dan dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Potensi Porang Sebagai Tanaman Ekspor

Pasar ekspor saat ini memang terbilang sangatlah menjanjikan dan menggiurkan, terlebih untuk komoditas agribisnis. Indonesia memiliki potensi yang banyak dari hasil alamnya, salah satunya umbi porang yang sedang menjadi sorotan.

Negara-negara yang impor porang dari Indonesia diantaranya Jepang dan China. Kedua negara tersebut memang kebanyakan mengimpor porang dari Indonesia, tentu saja untuk memenuhi kebutuhan industry mereka yang beragam.

Kegunaan umbi porang yang dilirik oleh negara lain, menjadikan potensi inilah yang tentu dibutuhkan juga di Indonesia. Tidak hanya memenuhi permintaan porang dalam skala mentah tapi juga bisa dalam bentuk olahan.

Inilah yang menjadikan umbi porang lokal khususnya yang selama ini dikembangkan didaerah Madiun, menjadi nilai jual lebih. Sebab peluangnya sangatlah besar sekali kedepan, dan porang bisa dipanen dalam waktu bersamaan untuk jumlah yang besar.

Manfaat Umbi Porang

Manfaat umbi porang diantaranya:

  • Kandungan glucomannan pada umbi porang, yang berbentuk gel inilah dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel yang pada isolator listrik.
  • Sebagai bahan salah satu campuran untuk kosmetik.
  • Untuk farmasi, umbi porang yang diolah dapat menjadi pengikat formulasi tablet obat.
  • Sebagai bahan campuran untuk beberapa hasil industri seperti cat, perekat kertas, kain katun sampai wol.
  • Untuk bahan makanan, di Jepang untuk bahan campuran makanan bahkan umbi porang bisa mengurangi kadar kolesterol.

Banyak sekali manfaat dari pengolahan umbi porang ini, tak heran jika tanaman ini menjadi primadona untuk beberapa industri dari berbagai manca negara. Karena tidak semua lahan bisa ditanami tanaman porang, tentu ini menjadikan peluang tersendiri untuk beberapa daerah yang subur ditanami tanaman ekspor banyak manfaat ini.

Harga porang 2021

Harga porang tahun 2021 ini sangat bervariasi. Namun untuk porang basah satu kilogram dihargai berkisar 10.000 hingga 13.000 rupiah. Sedangkan untuk porang iris kering per satu kilogram berkisar antara 55.000 hingga 65.000 rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya