Gerbang Tol Pertama Bengkulu-Sumatera Selatan Selesai Dibangun

Petugas PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) saat mengecek pembangunan gerbang tol Bengkulu-Lubuk Linggau di Kelurahan Betungan, Kota Bengkulu.
Sumber :
  • ANTARA/Carminanda

VIVA – PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) telah menyelesaikan pembangunan gerbang tol pertama dari empat gerbang yang direncanakan dibangun pada ruas jalan tol yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dan Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Cara Mahasiswa-Milenial Sumsel Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Koordinator Legal dan Humas PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Chandra Irawan di Bengkulu, Minggu, 22 Agustus 2021, mengatakan gerbang tol pertama yang selesai dibangun itu berada di Kelurahan Betungan, Kota Bengkulu.

Gerbang tol itu merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau seksi 3 yang menghubungkan Kota Bengkulu-Taba Penanjung, Bengkulu Tengah sepanjang 17,6 kilometer.

347.711 Kendaraan Keluar Jakarta Pada Libur Isra Miraj

"Kita telah selesai membangun pintu tol pertama yaitu di Betungan. Gerbang ini akan menjadi pintu bagi masyarakat yang ingin mengakses jalan tol dari Kota Bengkulu," kata Chandra.

Ia menambahkan, jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 kilometer akan dilengkapi dengan dua gerbang tol, yaitu gerbang tol di kawasan Betungan Kota Bengkulu dan gerbang tol di Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

Cegah Omicron, Ganjil Genap Diterapkan di 5 Gerbang Tol di Bandung

Kemudian dua gerbang tol lainnya, yaitu gerbang tol di Kabupaten Kepahiang yang akan dikerjakan pada tahap dua dan gerbang tol di Kota Lubuk Linggau yang akan dikerjakan pada tahap ketiga.

Rencana pembangunan untuk seksi 2 ruas Taba Penanjung-Kepahiang akan dilengkapi dengan terowongan sepanjang tujuh kilometer yang menembus bukit barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter.

Selain pada seksi 2 ini juga dilakukan pembangunan jembatan bentang panjang yang membentang diatas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90 meter.

"Untuk ruas jalan tol Kota Bengkulu-Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah akan dilengkapi juga dengan satu simpang susun, serta 21 jembatan dan rata-rata kecepatan di jalan tol ini 80 kilometer per jam," kata Chandra.

Pembangunan jalan tol Bengkulu-Kota Lubuk Linggau itu terbagi menjadi tiga seksi pengerjaan, yaitu seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang sepanjang 54,5 kilometer, seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 kilometer dengan nilai investasi Rp37,613 triliun.

Saat ini progres konstruksi seksi 3 jalan tol ruas Kota Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer telah mencapai 84,62 persen dan ditargetkan akhir tahun 2021 selesai konstruksinya sehingga selanjutnya dapat dioperasikan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya