Bangun Infrastrukur Daerah, Jokowi Minta Pemda Genjot Pembiayaan KPBU

Presiden Jokowi membuka Munas Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara.
Sumber :
  • Youtube Setpres

VIVA – Pemerintah terus mendorong sektor swasta terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Tanah Air, salah satunya jalan tol. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta yang menghubungkan wilayah Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Skema pembiayaan Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP) dinilai mempercepat pengerjaan proyek. Sebab, APBN terbatas untuk membiayai seluruh proyek infrastruktur.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah model pembiayaan yang kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan tol yang lain. Yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan, baik itu antara Kementerian dengan BUMN, Kementerian, BUMN dengan swasta," kata Jokowi saat peresmian di lokasi, Senin 23 Agustus 2021.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

Di Indonesia sendiri diketahui, pembangunan jalan tol merupakan proyek yang diinisasi oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jokowi berharap, skema KPBU bisa ditiru di proyek daerah-daerah lain.

Baca juga: Jokowi Ubah Aturan Penetapan Harga BBM, Ini Rinciannya

Sampah Jadi Momok Bagi Pemda DIY saat Libur Lebaran 2024

"Dan saya berharap skema-skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di pelosok tanah air. Sehingga akan mampu mengatasi ketimpangan antardaerah, antarprovinsi dalam pembangunan infrastruktur. Dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional kita," ucapnya.

Sebelumnya saat meresmikan proyek tol Kelapa Gading-Pulo Gebang, keberadaan jalan berbayar itu segera bisa dimanfaatkan masyarakat. Jalan tol ini diyakini dapat membantu mempercepat mobilitas masyarakat, dan arus barang.

Sebab, jalan tol Kelapa Gading-Pulo Gebang juga terhubung dengan jalan tol lain menuju Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek yang merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan (tol) Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road," sambung Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya