10 Kota Teraman di Dunia dan Bebas dari Ancaman COVID-19

Kopenhagen
Sumber :
  • Facebook.com/VisitCopenhagen

VIVA – Studi terbaru dari Economist Intelligence Unit (EIU) mencatat ada 10 kota di dunia yang menjadi kota teraman. Dan Ibu Kota Denmark yaitu Kopenhagen menjadi kota paling teraman di dunia pada tahun ini.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dilansir dari CNBC pada Selasa 24 Agustus 2021, dijelaskan bahwa pada tahun ini Kopenhagen mengalahkan kota teraman sebelumnya yaitu, Tokyo, Singapura dan Osaka dalam edisi keempat Safe Cities Index dua tahunan EIU.

Dan kali ini, Kopenhagen untuk pertama kalinya terpilih dengan memasukkan metrik keamanan lingkungan. Selain itu, dalam studi EIU juga masuk lima pilar keamanan perkotaan seperti digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi dan lingkungan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini 24 Agustus 2021: Global Anjlok, Antam Naik

Adapun, dari semua matrik tersebut, Kopenhagen menduduki puncak tertinggi dengan level 82,4 poin dari 100. Dan dari metrik itu COVID-19 telah mengubah seluruh konsep keselamatan perkotaan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sementara, kota di Eropa yang ada di bawah Kompenhagen adalah Toronto dengan 82,2 poin. Kemudian, diikuti oleh Singapura, Sydney dan Tokyo, sebagai kota reguler di tingkat teratas daftar, melengkapi lima besar.

Berikut 10 kota teraman di dunia tersebut:

  1. Kopenhagen
  2. Toronto
  3. Singapura
  4. Sydney
  5. Tokyo
  6. Amsterdam
  7. Wellington
  8. Hongkong
  9. Melbourne
  10. Stockholm

Sementara itu, Indeks Kota Aman EIU tahun ini memberi peringkat 60 kota di 76 indikator keamanan, untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang keselamatan perkotaan global.

Penambahan pilar keamanan lingkungan mencerminkan semakin pentingnya isu-isu keberlanjutan dan langkah-langkah adaptasi iklim setelah pandemi virus corona. 

Toronto dan Kopenhagen tampil lebih baik dalam pilar keamanan lingkungan baru daripada tiga kota teratas dari tahun-tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya