Hilirisasi Produk Pertanian, Pemda Diminta Berani Bikin Perusda

Wamentan Harvick Hasnul Qalbi Panen Porang di Tenggalek.
Wamentan Harvick Hasnul Qalbi Panen Porang di Tenggalek.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementan.

VIVA – Pemerintah pusat terus mendorong hilirisasi produk komoditas pertanian nasional. Guna meningkatkan daya saing dan nilai jual di pasar lokal maupun global.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi mengimbau, Pemerintah Daerah, khususnya di tingkat kabupaten, berani membentuk perusahaan daerah (perusda) di bidang pertanian. Agar hasil panen pertanian dapat diolah hingga produk hilir.

Hal tersebut ditegaskan Harvick saat melakukan Panen Raya Porang Nasional 2021 di desa Jombok, Pule, Trenggalek, Jawa Timur. Acara itu bertema 'Menuju Kebangkitan Ekonomi Nasional dan Swasembada Pangan Indonesia'. 

Menurut Harvick, Pemkab bisa bekerjasama dengan pihak swasta setempat dalam format kemitraan usaha dalam pembentukan perusda. Sehingga, tata kelolanya bisa dilakukan dengan baik.

"Selain dapat mengolah produk pertanian hingga hilir, juga perusda ini akan mampu menyerap tenaga kerja lokal di masa sulit ini," ujar Harvick dikutip dari keterangannya, Rabu 25 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyambut antusias gagasan tersebut. Implementasinya segera merealisasikannya, agar produk Porang yang menjadi 'Emas Hijau' di kabupatennya dapat diproses hingga hilir.

Baca juga: PLN Makin Gecar Jualan Listrik EBT, Segini Tarifnya