Jokowi Pertegas Komitmen RI Dorong Ekonomi Hijau dan Digitalisasi UMKM

Menko Perekonomian AIrlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Jokowi (Kanan)
Sumber :
  • Dok. Sekretariat Kabinet

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan tiga strategi besar Pemerintah terkait masa depan ekonomi Indonesia. Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan prinsip ekonomi hijau serta berkelanjutan ada ada di antaranya.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Selain itu Jokowi menegaskan, hilirasi industri berbagai komoditas juga akan didorong. Ekspor komoditas seperti nikel dan produk hasil sumber daya alam Indonesia tidak lagi sepenuhnya mentah.

"Kemudian juga mulai emasnya, mulai tembaganya. Hilirisasi mulai sawitnya, sebanyak mungkin turunan-turunan dari bahan mentah itu menjadi barang minimal barang setengah jadi," kata Jokowi di depan para ekonom dalam Webinar Sarasehan dengan 100 Ekonom secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Kamis, 26 Agustus 2021.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Baca juga: Upah Minimum 2022 Mulai Dikaji, Ini yang Jadi Patokan

"Kedua berkaitan dengan digitalisasi UMKM. Ini saya kira transformasi yang terus akan kita dorong karena kita memiliki 60 juta UMKM yang semuanya akan didorong masuk ke platform digital baik di daerah, nasional agar bisa masuk ke platform global," sambung Kepala Negara.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Terkait ekonomi hijau, Jokowi bilang, Pemerintah telah berencana membangun Green Industrial Park. Semua energi alternatif dimanfaatkan secara berkelanjutan di kawasan tersebut.

"Green Industrial Park yang produk keluarannya adalah produk hijau, pemakaian energinya adalah energi hijau atau energi terbarukan. Kita harapkan, kita punya kekuatan besar ke depan yaitu produk hijau yang dihasilkan dari ekonomi hijau yang mulai kita bangun tahun ini," tegasnya.

Ketua Umum Projo Budi Arie di lokasi Rakernas.

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi buka suara soal pernyataan dari elite PDIP yang menyebut Presiden Jokowi serta Gibran Rakabuming Raka tak lagi menjadi kader PDIP.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024