Begini Cara Desa Genjot Pemulihan Ekonomi Terdampak COVID-19

Pengelolaan Dana Desa
Pengelolaan Dana Desa
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) semakin didorong dalam setiap program pembangunan dan pengembangan daerah hingga ketingkat desa saat ini. Sebab, fokus pula pada pemulihan ekonomi akibat COVID-19 hingga adaptasi kebiasan baru. 

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, dalam Webinar SAFE 2021, bertajuk 'Collaboration to Accelerate Village Development', Jumat, 27 Agustus 2021. Menurutnya prinsip SDGs tersebut sudah diterapkan di daerahnya.

"Jadi desa sudah punya SDGs dan ini sudah diimplementasikan oleh seluruh kepala desa di Gorontalo," ujar Nelson yang juga  yang juga merupakan Management Board & Gorontalo Regency Regent, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Dia mengungkapkan, implementasi pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Gorontalo fokus baik kepada pengembangan potensi sumber daya alam setempat, hingga pengembangan sumber daya manusia. Hal tersebut tentu tetap mengedepankan kelestarian lingkungan.

"Di Kabupaten Gorontalo, selain kami punya pertanian, perternakan, dan perikanan, kami juga mendorong pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kaitannya usaha masyarakat. Kita dorong sitem pertanian terpadu, kita juga lakukan dari hulu sampai hilir," tambahnya.

Kemudian terkait peningkatan kualitas SDM, dia mengatakan, LTKL sangat berperan dalam meningkatkan kapasitas SDM Pemda setempat. Baik dari sisi kita baik dari perencanaan, penganggaran, sampai sistem pemasaran produk yang dihasilkan. 

"Ini kita tularkan sampai tingkat desa sehingga bisa memaksimalkan pasar," tegasnya.