Tren Konstruksi Makin Berkelanjutan, Perusahaan Bahan Baku Berinovasi

Pengerjaan Konstruksi Bangunan di Jakarta (infrastruktur)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Tren konstruksi semakin berkembang saat ini, mulai dari perilaku dan selera konsumen hingga metode konstruksi bangunan yang diterapkan. Konsumen pun semakin kritis dalam mengambil keputusan terkait properti, termasuk ekspektasi terhadap kualitas bahan bangunan yang digunakan. 

Menteri ESDM Sebut Subsidi BBM Berpotensi Membengkak, Ini Penyebabnya

Sementara itu, metode konstruksi yang meliputi biaya, kualitas, dan waktu juga bertransformasi ke arah yang lebih cepat, efektif dan efisien, serta berkelanjutan. Hal tersebutlah yang membuat Siam Cement Group (SCG) menciptakan bahan bangunan inovatif guna menjawab tantangan tersebut.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh SCG melalui unit usahanya di Indoneisa Cement-Building  Materials (CBM), dengan meluncurkan dua produknya ke publik, yaitu SCG Mortar dan SCG Beton Instan. Kedua produk tersebut merupakan bahan bangunan inovatif dengan karakteristik siap pakai untuk menjawab kebutuhan tren konstruksi masyarakat Indonesia. 

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

"Adapun, SCG Mortar adalah produk terbaru di portofolio produk CBM, sementara SCG Beton Instan merupakan rebranding product dari versi sebelumnya yang bernama Beton Instan Jayamix, masih di lini produk yang sama," ujar ales and Marketing Director SCG CBM Indonesia Thichet Srisuriyon dikutip dari keterangannya, Senin, 30 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, kedua produk ini menawarkan tiga nilai tambah, yaitu kenyamanan, produk mudah dipakai, dikelola, atau disimpan. Kemudian inklusivitas, yaitu memungkinkan semua orang termasuk mereka yang awam dengan material bangunan untuk swadaya menggunakan produk ini.

Bos Pertamina Ungkap Bisa Optimasi Biaya hingga US$1,25 Miliar pada 2023 Hasil Lakukan Ini

Baca juga: HUT ke-68, PT PP Ungkap Sederet Proyek Monumental yang Telah Digarap

Selain itu menurutnya produk tersebut juga memiliki aksesibilitas ketersediaan yang menjangkau area dengan permintaan tinggi seperti kota besar, baik untuk proyek residensial maupun komersial.

“Di sisi lain, ini juga komitmen kami untuk memperkuat posisi sebagai one-stop solution, penyedia bahan baku bangunan yang terintegrasi. Secara satu pintu, pelanggan bisa memenuhi kebutuhan beragam bahan baku bangunan dengan ragam spesifikasi dari kami.” tambahnya.

Sementara itu, Marketing and Branding Manager SCG CBM Indonesia Sandy Fitransah menyampaikan, daya tarik produk ini terletak dari kepraktisan penggunaannya. Konsumen dapat merasakan kemudahan mencampur air dengan semen sesuai takaran yang direkomendasikan. 

"Produk kami menawarkan prinsip value for money, kemudahan tersebut tidak akan mengurangi kualitas daya tahan material. Sehingga tidak kalah dengan bahan baku konvensional,” ungkapnya.

Selain itu dia menegaskan, dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan, kedua produk tersebut didesain untuk meminimalisir limbah bangunan atau sisa pemakaian bahan. Lalu, volume penggunaan lebih efisien. 

"Hal ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan.” tambah Sandy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya