AP II Catat 102 Ribu Calon Penumpang Vaksinasi COVID-19 di Bandara

Sentra vaksinasi di Bandara.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA – PT Angkasa Pura II mencatat sebanyak 102.357 ribu calon penumpang telah mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19 di sentra vaksinasi yang ada di 18 bandar udara miliknya. Angka itu merupakan total dari tanggal 1 Juli hingga 28 Agustus 2021.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, angka tersebut berhasil dicapai setelah adanya kolaborasi yang baik antar stakeholder. Sehingga setiap calon penumpang mau dan sadar akan pentingnya vaksinasi.

"Berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder, serta dukungan penuh dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sehingga sentra vaksinasi di bandara AP II dapat dengan lancar memberikan pelayanan vaksinasi bagi calon penumpang pesawat sekaligus mendukung percepatan program vaksinasi nasional," katanya, Senin, 30 Agustus 2021.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Seperti diketahui, di tengah Pandemi COVID-19, selain menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi pun menjadi salah satu syarat setiap calon penumpang agar bisa melakukan penerbangan. Di mana minimal wajib melakukan vaksinasi dosis pertama.

Alhasil, sejalan dengan itu maka seluruh bandara AP II membuka sentra vaksinasi agar calon penumpang pesawat yang harus melakukan perjalanan mendesak di tengah pandemi ini, dapat senantiasa memenuhi protokol kesehatan.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Adapun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, tercatat menjadi paling banyak memberikan vaksinasi yakni kepada 62.309 orang calon penumpang pesawat. Di mana, Bandara Soetta membuka dua sentra vaksinasi, yakni di Terminal 2 dan Terminal 3, yang dibuka untuk mendukung penerbangan yang ada selama 24 jam setiap harinya.

Baca juga: Harga Batu Bara Kinclong, Perusahaan Karoseri Kebanjiran Order

"Kami sangat berterima kasih kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta (KKP Kementerian Kesehatan) yang sangat mendukung ketersediaan vaksin, sehingga sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta dapat dibuka setiap hari bagi calon penumpang pesawat yang akan melakukan penerbangan," ujarnya.

Sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi juga dikelola secara profesional dan dilengkapi dengan teknologi informasi canggih. Sehingga dapat melayani puluhan ribu orang dengan lancar dan terorganisir.

Melalui teknologi informasi, AP II membuat dashboard monitoring real time layanan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta untuk memantau secara real time jumlah calon penumpang pesawat. 

Khususnya yang telah melakukan registrasi, jumlah yang telah melakukan observasi, dan data-data lainnya untuk menjaga layanan serta memastikan ketersediaan vaksin yang ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta di bawah Kementerian Kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya