IHSG Menguat di Awal September, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 12 poin atau 0,21 persen ke level 6.163 pada pembukaan perdagangan Rabu, 1 September 2021.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG masih memiliki peluang untuk kembali menguat pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor teknologi dan material dasar naik lebih dari satu persen," kata Lanjar dalam riset hariannya, Rabu 1 September 2021.

IHSG Berpotensi Menguat dan Kembali Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Baca juga: Viral Petugas SPBU Minta Maaf yang Kedua Kalinya Usai Digeruduk Ormas

Lanjar menjelaskan, Bursa saham Asia berpotensi turun pada hari Rabu, karena investor mengevaluasi risiko ekonomi dari ketegangan virus delta dan prospek pengurangan dukungan stimulus bank sentral untuk era pandemi.

IHSG Dibayangi Pelemahan Meski Kinerja APBN Surplus

Saham Amerika Serikat di akhir bulan Agustus 2021 naik tipis dari level tertinggi sepanjang masa, di tengah data yang beragam. Termasuk, penurunan kepercayaan konsumen ke level terendah dalam enam bulan terakhir di AS.

Harga minyak di New York membukukan kerugian bulanan terbesar sejak Oktober karena investor mempertimbangkan prospek produksi tambahan dari anggota OPEC+. 

Secara teknikal, IHSG berhasil break out fractal level di 6.138 dan menguat menuju resistance sebagai konfirmasi lanjutan tren positif. Indikator Stochastic terkonsolidasi pada area dekat overbought, membuat sinyal penguatan yang kembali akan tertahan.

"Sehingga IHSG dapat berpeluang kembali menguat dengan support resistance 6.138-6.182," ujarnya.

Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi saham secara teknikal pada perdagangan hari ini, di antaranya AALI, ACST, AGII, ANTM, ESSA, HMSP, HRUM, JSMR, PTBA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya