Harapan Besar Jokowi ke IPB Bantu Genjot Kemandirian Pangan RI

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi niat Institut Pertanian Bogor yang berencana mengenalkan konsep agromaritim secara lebih luas. Disertai inovasi dan teknologi, konsep yang disebut IPB Agro-Maritim 4.0 bisa membangun optimisme tentang kedaulatan sektor pangan di Indonesia.

"Kita harus fokus mengembangkan agromaritim berbasis inovasi dan teknologi," kata Jokowi saat hadir pada Dies Natalis ke-58 IPB, Selasa 1 September 2021.

Indonesia, kata Jokowi, dikaruniai hasil perikanan dan pertanian yang begitu melimpah. IPB dinilai telah mengarahkan agenda riset untuk pengembangan agromaritim.

Ke depan, lanjut Kepala Negara, perlu banyak inovasi untuk meningkatkan kualitas, produktivitas di sektor tersebut. Subsitusi produk pangan pun dapat diolah seperti obat herbal, buah-buahan, dan lainnya.

Banyak model diciptakan untuk mendukung produktivitas, bisa lewat kecerdasan buatan, teknologi robotik, pemelajaran mesin sehingga menghasilkan solusi cerdas berbasis IT.

"Ini sebuah langkah besar yang sangat strategis karena saya melihat masa depan negara kita ada pada pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berkelanjutan," ucap Jokowi.

Baca juga: Uang Sekolah Dorong Inflasi Agustus 2021 Jadi 0,03 Persen