IHSG Berpotensi Tertekan, Cermati Saham Pilihan Hari Ini

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 10 poin atau 0,17 persen di level 6.101 pada pembukaan perdagangan Kamis 2 September 2021.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk kembali bergerak tertekan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya indeks teknologi, material dasar, dan infrastruktur, menjadi penekan IHSG dengan melemah lebih dari satu persen," kata Lanjar dalam riset hariannya, Kamis 2 September 2021.

IHSG Berpotensi Menguat dan Kembali Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Baca juga: Jengkol dan Petai RI Hipnotis Dunia, Diburu hingga Pelosok

Lanjar menjelaskan, para investor mencermati data tingkat inflasi bulan Agustus 2021 yang berada di bawah ekspektasi, dan data PMI Manufaktur Indonesia yang masih berada di bawah level ekspansi.

IHSG Dibayangi Pelemahan Meski Kinerja APBN Surplus

Bursa Asia besiap untuk bergerak lebih stabil pada perdagangan hari ini, setelah saham-saham besar teknologi AS naik dalam pergerakan defensif terhadap data ekonomi yang dirilis.

Secara teknikal, IHSG kembali bergerak menguji support moving average 20 dan lima hari, dengan momentum yang mulai memasuki area overbought dari Indikator RSI dan Stochastic. Indikator MACD bergerak mendatar dengan tingkat fluktuatif cukup tinggi pada pergerakan histogram.

Konfirmasi selanjutnya adalah level moving Average 50 hari, sebagai support pergerakan tren positif jangka menengah di kisaran 6.071. Serta, Moving Average 200 sebagai support kuat di kisaran 6.032, yang kemungkinan akan di uji dan menjadi penopang pergerakan selanjutnya.

"Sehingga kami perkirakan IHSG berpotensi kembali bergerak tertekan dengan support resistance 6.032-6.129," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi saham yang dapat dicermati secara teknikal pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ACES, ADRO, DOID, LSIP, PTBA, TOWR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya