Dibanding Flu Spanyol, Gubernur BI Sebut Dampak COVID-19 Lebih Dahsyat

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan, Pandemi COVID-19 merupakan persoalan baru yang terus menekan perekonomian, sehingga memicu krisis

Kondisi krisis yang tercipta pun ditegaskannya merupakan sesuatu yang tidak pernah terjadi atau serupa dalam sejarah dunia. Kompleksitas permasalahannya pun lebih besar.

"Saya tidak pernah melihat tantangan seperti ini yang kita hadapi sebelumnya. kita tidak pernah melihat kompleksitas tantangan seperti ini, extraordinary problem," kata Gubernur BI dalam konferensi internasional, Kamis, 2 September 2021.

Baca juga: IHSG Berpotensi Tertekan, Cermati Saham Pilihan Hari Ini

Dia pun membandingkan, krisis ekonomi yang tercipta akibat COVID-19 tidak akan pernah serupa dengan krisis asia dan global yang terjadi sebelumnya. Sebab, pemicunya dari masalah keuangan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan pandemi yang telah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, yakni SARS atau Flu Spanyol dampak yang diakibatkan juga tak sebanding COVID-19.

"Kita bisa bandingkan dengan SARS Flu atau Spansih Flu tapi skalanya dan kompleksitasnya saat ini lebih besar," tegas Perry.