Harga Emas 2 September 2021: Global Stabil, Antam Terus Turun

Logam mulia emas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Harga emas internasional bertahan stabil pada perdagangan Kamis, 2 September 2021. Hal itu terjadi menjelang pengumuman data penggajian non-pertanian AS yang sangat penting untuk rencana tapering Federal Reserve, bahkan ketika laporan penggajian swasta meleset dari harapan.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Dilansir dari CNBC, harga emas di pasar spot stabil di level US$1.814,54 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS sedikit berubah ke posisi US$1,817,20.

Indeks dolar melayang di dekat posisi terendah dalam lebih dari dua pekan. Laporan Ketenagakerjaan Nasional di AS menunjukkan pengusaha swasta AS mempekerjakan jauh lebih sedikit pekerja dari yang diharapkan pada bulan Agustus, tetapi pasar tenaga kerja terus pulih.

Harga Emas Global dan Antam Terus Tembus Rekor Tertinggi saat Konflik di Timur Tengah Memanas

Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis laporan penggajian non-pertanian untuk Agustus pada hari Jumat ini. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan sebelummnya, pemulihan pasar tenaga kerja akan menentukan waktu pengurangan pembelian aset atau tapering.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang disebabkan oleh langkah-langkah stimulus besar-besaran.

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Sementara itu, aktivitas pabrik global kehilangan momentum pada Agustus karena pandemi virus corona mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kekhawatiran goyahnya manufaktur akan menambah kesengsaraan ekonomi yang disebabkan oleh konsumsi yang merosot, survei menunjukkan pada hari Rabu.

Emas domestik

Dari dalam negeri, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp939 ribu per gram. Harga tersebut turun Rp2.000 per gram dibandingkan hari sebelumnya.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp832 ribu per gram. Harga itu kembali turun Rp2.000 per gram.

Adapun harga jual emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,47 juta, 10 gram Rp8,88 juta, 25 gram Rp22,08 juta, dan 50 gram Rp44,09 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp88,11 juta, 250 gram Rp220,01 juta dan emas 500 gram Rp439,8 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp519,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp879,6 juta.

Antam mencatat untuk semua ukuran emas 500 gram pada hari ini tidak tersedia di butik logam mulia.

Baca juga: Jengkol dan Petai RI Hipnotis Dunia, Diburu hingga Pelosok

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya