Intip Strategi Lippo Karawaci Kembangkan Kawasan Properti Terpadu

Lippo Karawaci
Lippo Karawaci
Sumber :

VIVA – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menyatakan telah menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable) dalam pengembangan kawasan properti terpadu. Hal ini disebut untuk menyikapi perkembangan urbanisasi dan perkotaan saat ini.

Sejumlah tantangan di perkotaan seperti polusi, pengelolaan limbah, kemacetan, hingga banjir dinilai perlu dijawab dengan prinsip berkelanjutan yang menjadi salah satu strategi LPKR.

"Sebagai contoh, di kawasan kota mandiri Lippo Village, Tangerang, dalam hal pengelolaan air misalnya, kami melakukan pengelolaan air tersebut. Sistem saluran air di Lippo Village terletak di bawah tanah," ujar John Riyadi, CEO LPKR dalam keterangan resminya, Selasa 7 September 2021.

Baca juga: Menko UKM: Omzet Penerima BPUM Rata-rata Naik 41 Persen

Di samping itu, ia menyatakan, pihaknya menggunakan sistem pipa tertutup yang ramah lingkungan untuk pengolahan limbah cair domestik rumah tangga. 

"Proses pengolahan limbah cair juga menggunakan sistem aerobile treatment, yakni menggunakan bakteri dan oksigen untuk menguraikan bahan polutan yang terdapat pada air limbah, sehingga tidak menghasilkan gas sebagai produk sampingan dan air hasil olahan lebih stabil dan dapat didaur ulang. Salah satunya digunakan untuk menyiram tanaman di Lippo Village," jelas John.

John juga menambahkan, danau yang terletak di dalam lapangan golf IKG di kota mandiri Lippo Village, bukan sekedar hiasan. "Tetapi juga sebagai berfungsi juga sebagai water reservoir, tempat menampung air saat intensitas air hujan tinggi," ucapnya.