14 Tahun Nganggur, Jusuf Hamka Cerita Bangkit hingga Punya Tol

Jusuf Hamka.
Sumber :
  • Youtube VDVC

VIVA – Pengusaha muslim pemilik nama asli A Loen atau Alun Joseph yang kini dikenal dengan nama Jusuf Hamka, mengungkapkan cerita inspiratifnya saat menganggur selama 14 tahun hingga akhirnya memiliki jalan tol saat ini.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Sebelum menjadi pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) yang mengoperasikan beberapa ruas jalan tol di Jabodetabek hingga Bandung, dirinya telah memiliki perusahaan pabrik kayu lapis di Samarinda, dengan jumlah pekerja 11 ribu orang.

Namun, perusahaannya tersebut harus merumahkan para pekerjanya itu karena dipersulit pemerintah. Dia mengatakan, tidak dilayani secara administratif oleh Menteri Kehutanan akibat tidak bayar dana reboisasi hingga uang urunan asosiasi US$10 per kubik.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Baca juga: Cara Jusuf Hamka Lindungi Deretan Mobil Mewahnya dengan Sedekah

"Saya enggak obey katanya, yang lain nurut. Yang lain juga ibaratnya kaya anjing dibawain sapu lidi, nurut, kalau saya enggak," katanya, dikutip Rabu, 8 September 2021.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Dia mengaku salah dengan sikapnya tersebut hingga para pekerjanya harus di rumahkan. Akan tetapi, Jusuf menilai perbuatan itu dilakukannya dulu karena sikap idealisnya yang ingin melawan kesewenangan penguasa pada pengusaha.

"Saya yang kerja dia yang kutip, terus dari pemerintah dana reboisasi yang enggak jelas penggunaannya, akhirnya dikorupsi dana reboisasi banyak itu kan, sampai beberapa menterinya masuk penjara, nah saya melawan ketidakadilan itu," paparnya.

Akibat hal tersebut, Jusuf mengaku harus kehilangan bisnisnya hingga tidak memiliki pekerjaan apapun maupun teman selama 14 tahun. Dia mengatakan, bahkan juga sampai diancam dan sempat ditahan empat sampai dengan lima kali selama masa Orde Baru pemerintahan Presiden Soeharto.

"14 tahun tiarap. Enggak kerja, enggak running perusahaan, iya ada ancaman, saya pakai credit card sama tabungan itu ATM pakai nama sekretaris saya. Saya enggak berani punya rekening, saya sempet ditahan karena macam-macam," ungka Jusuf.

Selama masa-masa sulit itu, Jusuf menyatakan terus bekerja keras untuk mencari penghidupan keluarganya, meskipun sang istri dulu bekerja di Citibank. Dia mengaku, sempat bekerja seperti calo tanah, rumah hingga mobil, sebab menurutnya rezeki akan selalu ada jika manusianya rajin.

"Kadangkala teman-teman bantuin juga ada proyek nih jalanin, ya rezeki kalau kita rajin mah ada aja yang penting kita enggak bohongin. Kadangkala beli mobil ada yang mau, untung, lumayan dapat. Kalau untung Rp50 juta kan lumayan bisa nyambung hidup," ujar dia.

Mau tahu kisah lengkapnya, Jusuf Hamka hingga seperti saat ini, saksikan wawancara lengkapnya dalam Program Speed Talk yang telah ditayangkan di Channel YouTube VDVC Talk #SpeedTalk #CariBeritaditvOne.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya