Resmi Jadi KEK, Investor MNC City Lido Bakal Dapat Sederet Insentif

Bos MNC Hary Tanoesoedibjo.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah secara resmi menyerahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tentang penetapan area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City, kepada pihak PT MNC Land Tbk (KPIG).

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

PP No. 69/2021 yang telah ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada tanggal 16 Juni 2021 lalu itu, diterima langsung oleh Executive Chairman MNC Group sekaligus Direktur Utama KPIG, Hary Tanoesoedibjo.

Saat memberikan sambutan, Hary Tanoe mengungkapkan harapannya akan kebermanfaatan dari KEK Pariwisata MNC Lido City, baik di tataran pariwisata lokal maupun global.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

"Mudah-mudahan kawasan Lido ini bisa berkembang, bisa menjadi kebanggan kita bersama bahkan bangsa (Indonesia)," kata Hary Tanoe dalam telekonferensi, Rabu 8 September 2021.

Dia menambahkan, semua capaian pihaknya di KEK Pariwisata MNC Lido City hingga saat ini, tentunya juga tidak akan bisa dilepaskan dari dukungan dan doa restu semua pihak. "Karena kami tidak bisa bekerja sendiri," ujarnya.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Ke depannya, Hary Tanoe ingin agar KEK Pariwisata MNC Lido City ini bisa menjadi kawasan yang menyediakan hiburan serta keramahan, yang mampu mengundang minat wisata bagi para pelancong.

Baca juga: Dijual Presidennya, Cadangan Emas Venezuela Terendah Sejak 50 Tahun

"Kami berharap KEK MNC Lido City akan menjadi kawasan entertaintment dan hospitality yang dapat menggaet wisatawan domestik dan turis asing," ujarnya.

Diketahui, KEK MNC Lido City garapan PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui anak perusahaannya PT MNC Land Lido. Karena menjadi KEK, seluruh investor dan pelaku usaha di dalam kawasan KEK MNC Lido City tersebut akan diberikan insentif oleh Pemerintah.

Antara lain seperti insentif pajak berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), PPh Badan, Cukai, dan Bea Masuk Impor. Investor juga mendapat sejumlah keuntungan terkait lalu lintas barang, ketenagakerjaan, keimigrasian, pertanahan dan tata ruang, perizinan berusaha, dan/atau fasilitas serta kemudahan lainnya.

KEK MNC Lido City merupakan world class entertainment hospitality city seluas 3.000 hektare di Jabodetabek. Dikelilingi oleh populasi lebih dari 70 juta jiwa dan akses langsung jalan tol dari Jakarta. 

KEK satu ini juga terletak di antara dua gunung, yang bertemperatur 22-25 derajat celcius sepanjang tahun karena berlokasi di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. MNC Lido City merupakan KEK Pariwisata yang terdekat dari Jakarta dan yang pertama di Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya