Cek Rekomendasi Saham Hari Ini, IHSG Terbang Pagi Tapi Mudah Koreksi

Ilustrasi papan IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan Kamis, 9 September 2021. Pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka di level 6.024,31.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Hingga perdagangan pada pukul 09.05 WIB. IHSG diperdagangkan di level 6.033,59. Menguat 0,13 persen dari penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, pergerakan IHSG tersebut cenderung fluktuatif. Banyak faktor yang akan membuat sentimen negatif pelaku pasar. 

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Baca juga: Harga Meroket, Begini Cara PLN Amankan Batu Bara untuk Pembangkit

"Penurunan data indeks keyakinan konsumen yang kembali di level rendah selama dua bulan terakhir menjadi trigger negatif Investor," tutur dia dikutip dari analisisnya hari ini.

IHSG Sesi I Memerah, Pelaku Pasar Khawatir Eskalasi Konflik Iran-Israel

Di sisi lain, dia melanjutkan, pergerakan IHSG hari ini juga masih cenderung terkonsolidasi di tengah penurunan bursa AS. Itu dipicu peningkatan kasus varian delta.

"Terbebani oleh kekhawatiran bahwa varian virus corona delta dapat menumpulkan pemulihan ekonomi dan ketidakpastian tentang kapan Federal Reserve dapat menarik kembali kebijakan akomodatifnya," ujar dia.

Analis BNI Sekurtias Andri Zakarias Siregar menambahkan, IHSG menunjukkan momentum netral, didukung stochastic netral, candle three black crows, MACD netral, dominan sell power, fase distribusi, di dukung trend volume menurun.

"Peluang penurunan terbatas dapat picu technical rebound dari candle three black crows & masih di atas 5.988 support," paparnya.

Andri mengungkapkan, resist IHSG hari ini di kisaran 6.058/6.094/6.133/6.179 dengan upport: 6.001/5.988/5.938/5.913. 

Adapun perkiraan bergerak di kisaran 5.970 – 6.090 dengan saham yang perlu jadi perhatian MIKA, MLPL, BSDE dan ACES.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya