Sri Mulyani: Ciri Bangsa Pemenang Tak Pernah Berkeluh Kesah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • (ANTARA/HO-Humas Kemenkeu/pri.)

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku kagum dengan semangat anak-anak muda yang mengikuti Olimpiade APBN 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan. Padahal, Indonesia sedang dilanda wabah COVID-19 tahun kedua.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

"Seluruh panitia walaupun tahun kedua COVID-19, ternyata semangatnya tidak surut bahkan makin meningkat. Dalam situasi COVID-19, anak-anak kita bahkan semakin meningkat semangatnya," kata Sri Mulyani saat konferensi virtual pada Minggu, 12 September 2021.

Menurut dia, semangat yang diperlihatkan anak-anak muda tersebut menandakan sebuah ciri kemenangan bangsa Indonesia. Sebab, tidak pernah berkeluh kesah kalau menghadapi tantangan. Akan tetapi, malah ingin terus berkarya. "Itu adalah ciri pemenang," ujarnya.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Ciri bangsa pemenang, kata Sri Mulyani, tidak pernah menghadapi suatu tantangan atau kesulitan terujar kata keluh kesah. Tapi justru, makin menempa menjadi orang-orang dan generasi yang makin baik, berkreasi, berpikir keras, mencari solusi dan terus membangun Indonesia.

"Teruslah tekun dalam berkreasi dan berinovasi. Kalian yang muda membangun bangsa, jangan pernah lelah mencintai Indonesia, selalu berikan yang terbaik, selalu lakukan yang terbaik untuk kejayaan Indonesia," ujarnya.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Tahun 2021, Sri Mulyani mengatakan Olimpiade APBN diikuti sebanyak 2.072 peserta yang terdiri dari region satu, region dua, region tiga dan region empat. Region satu, wilayah Sumatera ada 405 orang. Kemudian, Jawa-Bali sebanyak 1.127 peserta, Sulawesi-Kalimantan ada 250 orang, dan region keempat ada 290 orang.

"Ini kan satu kelompok kecil dibanding jutaan anak-anak setingkat mereka, tapi mereka punya komitmen dan perhatian serta keseriusan yang mengagumkan. Ini menggambarkan anak-anak muda yang bisa menjadi the real rule model bagi anak muda yang lain," katanya.

Ia menjelaskan APBN adalah instrumen utama dan paling mendasar yang menggambarkan antara warga dengan negaranya. Menurutnya, hubungan itu munculnya terpotret atau tertangkap pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Makanya, ia senang sekali banyak anak-anak muda ikut Olimpiade APBN 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya