Mitra Dagang ASEAN Sepakat Penguatan Ekonomi Kawasan Pasca COVID-19

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi
Sumber :
  • Antara/HO-Kemendag

VIVA – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan kerja sama dan fasilitas perdagangan Indonesia dalam ASEAN akan tetap kokoh dan dikembangkan bersama dengan mitra dagang kawasan seperti China, Korea Selatan, Jepang dan Swiss.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Negara-negara ASEAN katanya telah sepakat meningkatkan kerja sama dan fasilitasi perdagangan dengan mitra dialog tersebut serta menjamin kelancaran arus rantai pasok obat dan alat kesehatan untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. 

Demikian disampaikan Lutfi usai menghadiri hari pertama rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Ministers (AEM) dengan negara mitra secara virtual yaitu Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan Swiss.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

“Negara-negara ASEAN hari ini sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan untuk mempercepat pemulihan ekonomi," kata dia dikutip dari keterangan resmi, Selasa, 14 September 2021.

Baca juga: Rupiah Melemah Lagi, Penyerapan Anggaran Vaksin Jadi Pemicu

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Menurut Lutfi, dalam pertemuan AEM and the Minister of Commerce (MOFCOM) Consultations ke-20 ini juga disepakati agar ASEAN dan China segera menyelesaikan pembahasan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) Upgrade Protocol. Di samping mengidentifkasi area kerja sama baru.

Selain itu, Lutfi mengutarakan para menteri ASEAN juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi antara ASEAN dan China. Menurut Lutfi, kerja sama dan fasilitasi perdagangan dan investasi ASEAN-China harus tetap terbuka. 

“Para Menteri bersepakat meningkatkan fasilitasi perdagangan dan menjamin  perdagangan dan investasi ASEAN Tiongkok tetap terbuka. Hal ini wajib dilakukan untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Selain penguatan kerja sama dengan China, para menteri di kawasan ASEAN juga mendorong penyelesaian Joint Feasibility Study untuk mengidentifikasi area perdagangan yang dapat ditingkatkan melalui persetujuan ASEAN-Korean Free Trade Agreement (FTA).

Adapun dengan Swiss, seluruh menteri di ASEAN berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, dan pembangunan yang berkelanjutan untuk merespons kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Rangkaian pertemuan diakhiri dengan pertemuan AEM Plus Three (APT) ke-24 yang terdiri dari Korea, Tiongkok, dan Jepang. Para Menteri ASEAN dan Plus Three menyepakati “ASEAN Plus Three  Economic Cooperation Work Program (APT ECWP) 2021-2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya