Intip Perusahaan-perusahaan yang Punya Program Magang Menggiurkan

Ilustrasi cari pekerjaan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Para pencari kerja, khususnya sarjana lulusan baru banyak yang mengincar untuk bergabung di perusahaan-perusahaan besar. Sebab, perusahaan besar umumnya memiliki program akselerasi karir, atau sering dikenal dengan program management training (MT). 

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Keunggulan dari program itu jelas menggiurkan. Selain mendapat jaminan memperoleh standar gaji yang lebih tinggi, jebolan MT juga memiliki kesempatan yang lebih besar dalam menapaki karir di perusahaan hingga jenjang tertinggi. 

Head of Product & Marketing di PT Qerja Manfaat Bangsa mengungkapkan, Geofany Suharwan,  perserta MT yang biasa disebut trainee, pada umumnya mengikuti program berdurasi 1 hingga 2 tahun dengan pembelajaran berbasis pendidikan intensif dan on-the-job training. MT juga akan mencakup perkenalan fungsi di berbagai divisi perusahaan.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Selama menjalani program MT, trainee umumnya diberikan gaji, meskipun belum penuh, yaitu rata-rata sebesar Rp4-5 juta. Mereka juga bisa mendapatkan berbagai benefits dari perusahaan. Termasuk tunjangan kesehatan, transportasi, akomodasi dan konsumsi, hingga beragam fasilitas perusahaan untuk menunjang kinerja dan kesejahteraan pegawai.

Geofany menjelaskan bahwa peluang karir pencari kerja saat ini tetap menjanjikan dengan jalur internship atau MT menjadi pilihan yang baik. Apalagi saat ini kelompok usaha rintisan/startup sedang cukup agresif merekrut sumber daya manusia.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Baca juga: Begini Kunci Sukses Cepat Kaya Jualan Online

“Banyak pencari kerja yang memulai karirnya melalui program magang/internship, karena program ini memberikan banyak sekali manfaat bagi seorang lulusan baru. Mulai dari pengalaman kerja, kesempatan mentoring dan terlibat dalam berbagai project,” ujar Geofany dikutip dari keterangannya, Kamis, 16 September 2021.

Dia menjelaskan, bagi mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru yang mencari pengalaman kerja, suatu perusahaan biasanya menyediakan kesempatan magang yang umumnya berdurasi 1-6 bulan. Selama program, pemagang biasanya diperkenalkan ruang lingkup kerja perusahaan. 

Beberapa perusahaan juga memiliki program magang yang durasinya bisa mencapai 6-12 bulan. Dengan kesempatan terlibat lebih jauh dalam aktivitas bisnis hingga pengerjaan proyek tertentu.

Tidak dipungkiri, ada perusahaan-perusahaan favorit pencari kerja yang merupakan pemain lama seperti Unilever dan Pertamina. Dari kelompok rintisan,  perusahaan seperti Ruangguru dan Shopee kini menjadi pilihan utama para angkatan kerja.  

Lalu, perusahaan apa saja yang dipandang memiliki program MT dan kesempatan magang paling diminati? Berikut beberapa contoh perusahaan dan startup yang menawarkan peluang belajar, jenjang karir dan juga gaji yang kompetitif di industri.

1. Grab

Salah satu platform layanan transportasi, pengantar makanan dan pembayaran menawarkan program Grab Management Associate Program. Selama program, trainee mendapatkan gaji dan menikmati benefits yang sama dengan pegawai tetap.

Grab juga menyediakan program magang berdurasi hingga 3 bulan di mana pesertanya bisa memperoleh tunjangan bulanan dan kesempatan mengikuti pelatihan. Grab Internship Program untuk mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate memberikan kesempatan magang 3 bulan di Grab dengan pendampingan mentor.

2. HM Sampoerna

Perusahaan tembakau di Indonesia ini memproduksi dan mendistribusikan sejumlah produk tembakau. Gaji trainee di perusahaan ini juga berada di atas rata-rata program MT di perusahaan lain.

Selama program, trainee dapat memperoleh berbagai fasilitas diantaranya tunjangan transportasi, akomodasi dan kesehatan. HM Sampoerna juga menawarkan program internship InKompass di Philip Morris International selama sekitar 1 bulan.

Mahasiswa semester 6-8 dengan indeks prestasi 3,2 dan kemampuan Bahasa Inggris yang fasih dipersilakan untuk mendaftar. Kandidat yang lolos seleksi akan mendapat kesempatan bekerja pada proyek bisnis sebenarnya, coaching, dan membangun jaringan profesional internasional.

3, Ruangguru

Startup pendidikan terbesar di Indonesia, memiliki dua jalur utama bagi job seekers. Pertama, melalui Management Associate Program (MAP) job seekers dapat mengikuti pendidikan selama 2 tahun dengan rotasi ke divisi yang berbeda-beda, termasuk eksposur internasional untuk mendapatkan leadership role di Ruangguru.

Gaji trainee di sini juga di atas rata-rata program MT lainnya. Nilai tambah lain dari menyelesaikan program MT di Ruangguru adalah job security dengan pemberian status pegawai tetap.

Ruangguru juga menyediakan magang berbayar berdurasi 3-4 bulan melalui Learning Acceleration Program (LEAP) bagi mahasiswa yang masih kuliah ataupun fresh graduates. Untuk, mencicipi pengalaman bekerja di startup dan belajar dari tim manajemen dengan cara melibatkan mereka di dalam proyek besar yang berhubungan langsung dengan pengembangan bisnis di Ruangguru. Uang saku program magang di Ruangguru juga cukup menarik, yaitu senilai besaran UMR.

4. Shopee 

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang berkantor pusat di Singapura, memiliki Shopee Global Leaders Program yang berdurasi hingga 2 tahun dengan gaji di atas rata-rata program MT lainnya.

Shopee juga menyediakan kesempatan magang yang dapat memperoleh berbagai manfaat termasuk uang saku dan akses ke beragam fasilitas perusahaan. Shopee Apprentice Program memberikan kesempatan bagi fresh graduates untuk bekerja selama 10 minggu di proyek-proyek yang sedang berjalan di perusahaan.

5. Telkom

BUMN telekomunikasi terintegrasi dan terbesar di Indonesia ini, memiliki program MT selama 1 tahun. Sebagai BUMN, keunggulan program MT di Telkom adalah career track yang terstruktur dengan jabatan minimal sebagai kepala cabang di salah satu kantor Telkom di seluruh Indonesia. 

Telkom juga memiliki Great People Internship Program (GPIP) yang memberikan kesempatan magang berbayar hingga 6 bulan di area sales, marketing, telecommunication dan information technology.

Terlepas dari penjelasan tersebut, kembali lagi menurut Geofany, aspirasi karir dan kesempatan kerja harus berjalan seimbang mengingat tantangan di setiap perusahaan akan sangat dinamis. 

"Jadi, jangan tunggu sampai kesempatan itu datang, tapi sikap pro aktif para pencari kerja untuk menggali peluang adalah kunci untuk unggul di masa-masa seperti saat ini”, tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya