DPR Ultimatum Mendag dan Mentan Turunkan Harga Jagung

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mengultimatum Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian untuk segera mengeksekusi perintah Presiden Joko Widodo menurunkan harga jagung menjadi Rp4.500 per kilogram.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Menurut Ono, persoalan itu tidak terlepas dari produksi dan manejemen tata niaganya. "Sehingga, dengan komitmen yang sudah disampaikan oleh Presiden bahwa harga jagung Rp 4.500 harus segera dieksekusi oleh Mentan dan Mendag," ujar Ono dalam keterangan persnya, Senin, 20 September 2021.

Pemerintah, katanya, harus cepat menanggapi kondisi di lapangan sekalian mengkaji ulang program upaya khusus produksi jagung.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

"Perlu langkah cepat sehingga peternak bisa mendapatkan kepastian. Untuk jangka panjang, perlu me-review kembali Program Upsus Jagung yang pernah disampaikan bahwa Indonesia sudah bisa ekspor jagung dan mengurangi impor jagung," katanya.

Ono menilai, program yang dibuat Mentan jangan hanya menyenangkan rakyat sesaat. "Bagi peternak skala kecil, kebutuhan jagung masih sangat besar, di saat pakan pabrik harganya juga sangat tinggi," katanya.

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Bahkan, Jokowi diminta untuk menjalankan Badan Pangan Nasional sehingga tidak ada lagi ketidaksinkronan antara kementerian terkait. Kondisi itu dinilai menjadi dasar bagi Presiden untuk segera menjalankan Badan Pangan Nasional yang berfungsi melakukan koordinasi, perumusan dan penetapan kebijakan ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan serta kerawanan pangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024