PT PP Groundbreaking Proyek SPAM yang Bakal Layani 5 Kecamatan di Riau

PT PP grounbreaking proyek SPAM di Riau.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA – BUMN konstruksi dan investasi PT PP Tbk, melalui anak usaha dan cucu usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, melaksanakan kegiatan pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Anak usaha dan cucu usaha perseroan yang mengerjakan proyek itu adalah PT PP Infrastruktur (PP Infra) dan PT PP Tirta Riau (PP Tirta Riau).

Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priyambodo mengungkapkan, seremoni ini merupakan proses rangkaian dan bagian dari kerja sama penyelenggaraan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar berkapasitas 1.000 liter per detik (lpd). Antara, Perumdam Tirta Siak Kota Pekanbaru, Perumdam Tirta Kampar Kabupaten Kampar dan PT Sarana Pembangunan Riau.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Kegiatan pemancangan ini merupakan proses awal dimulainya tahapan konstruksi pembangunan SPAM yang diharapkan nantinya air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap pada akhir 2022.

Baca juga: Warga Ungkap Detik-detik Kebakaran Swalayan Cahaya di Cilandak

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Pembangunan instalasi unit produksi menggunakan teknologi andal dan terbaik yang ada saat ini yang direncanakan berlangsung dalam dua tahap di mana memiliki total kapasitas sebesar 1.000 liter per detik dengan hasil keluaran standar kualitas air minum sesuai peraturan Menteri Kesehatan dan pelayanan 24 jam per hari," kata Satya dikutp dari keterangannya, Selasa, 21 September 2021. 

Sedangkan, pembangunan jaringan pipa akan dilaksanakan dalam empat tahap yang direncanakan melayani kebutuhan pelanggan rumah tangga maupun nonrumah tangga. Khususnya di wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa mengatakan, SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah. Yang terletak di 5 kecamatan, yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang.

Fasilitas ini akan meningkatkan cakupan layanan dari sebelumnya 0 persen di area pelayanan menjadi 55 persen di area greenfields. Sumber air baku yang akan digunakan di daerah tersebut berasal dari Sungai Kampar.

Selain investasi unit produksi lingkup hulu dan unit distribusi di lingkup hilir, PP Tirta Riau akan mendukung perumdam dalam bentuk perencanaan dan pendampingan manajemen. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja perumdam. 

Khususnya, dalam melaksanakan kegiatan penyediaan air minum bagi kebutuhan pelanggan di wilayah kerja sama. Baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan melalui bantuan investasi dana.

"Juga pelaksanaan peningkatan pelayanan yang terukur, penggunaan sistem, program, teknologi dan pengetahuan yang diperlukan untuk peningkatan kinerja perumdam," kata Yuyus. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya