Mudah! Ini Cara Mendapatkan Token Listrik PLN Gratis Periode Oktober

Stimulus PLN
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – PLN gratis periode Oktober masih berlanjut sampai dengan akhir tahun 2021 atau bulan Desember mendatang. Program stimulus gratis ini akan terus digulirkan oleh PLN dalam rangka membantu ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Gerindra Sebut Daftar Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Terungkap Mendekati Oktober 2024

Program ini adalah program bantuan subsidi diskon listrik gratis untuk para pelanggan listrik PLN berdasarkan kategori tertentu. Khusunya untuk pelanggan rumah tangga, industri, dan bisnis. Tapi, tidak semua pelanggan rumah tangga, industri, dan bisnis dapat menikmati subsidi diskon PLN gratis ini.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Subsidi PLN Gratis Periode Oktober?

PLN Siapkan SPKLU di Banyak Lokasi, Pemudik: Pakai Mobil Listrik Jadi Nyaman!

Syarat Penerima PLN Gratis Periode Oktober

PT Perusahaan Listrik Negara Persero (Persero) atau PLN.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
  1. Pelanggan listrik yang tergolong rumah tangga, industri, dan bisnis yang memiliki daya listrik 450 VA.
  2. Pelanggan listrik yang tergolong rumah tangga dengan ketegori daya listrik sebesar 900 VA besubsidi yang sudah didata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Jumlah Bantuan PLN Gratis

Bagi pelanggan listrik PLN yang memiliki daya 450 VA, maka akan memperoleh bantuan subsidi diskon token listrik PLN gratis sebesar 50%. Bantuan juga akan diberikan kepada para pelanggan dengan kategori daya 450 VA dengan maksimal pemakaian 720 jam per bulan.

Lalu, untuk pelanggan dengan kategori daya sebesar 900 VA akan memperoleh subsidi diskon token listrik PLN gratis sebesar 25%. Tapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk pelanggan degan kategori daya 900 VA harus terdaftar terlebih dahulu dalam DTKS Kemensos guna memperoleh bantuan subsidi PLN gratis.

Bila sudah memenuhi syarat yang sudah disebutkan, pelanggan PLN dapat memperoleh bantuan subsidi diskon token listrik PLN gratis.

Cara Mendapatkan Token PLN Gratis

Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, untuk subsidi PLN gratis periode Oktober dan kedepannya pelanggan tidak melewati situs resmi PLN atau WhatsApp. Karena, untuk periode September-Desember 2021, token PLN gratis akan diberikan langsung kepada para pelanggan sesuai dengan jenjang pembayaran setiap bulan.

Untuk pelanggan PLN dengan metode pembarayan pascabayar, maka token PLN gratis periode Oktober akan diberikan langsung dengan cara memotong tagihan rekening listrik setiap bulan. Kemudian untuk pelanggan dengan metode pembayaran prabayar, maka token PLN gratis periode Oktober akan diberikan pada saat pelanggan membeli token listrik.

Cara Mengetahui Bantuan PLN Gratis

Bila pelanggan belum yakin apakah mendapatkan bantuan PLN gratis atau tidak, maka pelanggan bisa mengecek melalui situs resmi program Stimulus PLN. Adapun untuk cara mengeceknya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser pada ponsel kamu, kemudian ketik stimulus.pln.co.id.
  2. Setelah terbuka, masukkan nomor ID pelanggan dan captcha, lalu pilih “Cari”.
  3. Kemudian tambahkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap, dan kode Captcha.
  4. Setelah data terisi dengan benar dan sesuai, pilih “Simpan”.

Bila kamu termasuk kategori pelanggan yang menerima diskon, maka akan muncul besaran diskon yang diberikan. Tapi, bila pelanggan tidak termasuk sebagai kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul bahwa ID pelanggan tidak menerima diskon.

Layanan Stimulus PLN

Contact center PLN 123

Photo :

Bila kamu mengalami kendala mengenai program Stimulus PLN gratis, maka kamu dapat menghubungi layanan berikut:

  • Nomor layanan pengaduan PLN: 123
  • Layanan pengaduan bisa dengan aplikasi PLN Mobile
  • Layanan pengaduan konsumen listrik Kementrian ESDM: konsumen.listrik@esdm.go.id
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya