Komoditas Meroket, Dirjen Pajak: Industri Harus Bayar Lebih ke Negara

Gedung Direktorat Jenderal Pajak
Gedung Direktorat Jenderal Pajak
Sumber :
  • panoramio

VIVA – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan meminta untuk industri-industri yang tumbuh di tengah hantaman ekonomi akibat Pandemi COVIS-19 untuk komitmen membayar pajak secara baik dan tepat waktu.

Industri itu disebutkannya seperti yang bergerak di sektor pertambangan maupun perkebunan. Kedua sektor ini diketahui tengah mendapat untung besar lantaran tengah tingginya harga komoditas di tingkat internasional atau supercycle.

"Oleh karena itu salah satu yang kami lakukan adalah terus melakukan pengawasan pembayaran masa. Kalau memang mereka bertumbuh seharusnya mereka membayar lebih kepada negara," ujar dia, Kamis, 23 September 2021.

Baca juga: Perusahaan Australia Investasi di RI untuk Listriki Singapura

Suryo menekankan, secara prinsip DJP saat ini terus mengawasi kepatuhan pembayaran masa pajak. Sebab, dalam situasi COVID menurutnya tetap ada sektor yang tumbuh dan ada sektor yang memang mengalami hambatan. 

"Lebih khusus lagi untuk beberapa sektor komoditas mungkin diantaranya sektor pertambangan dan juga sektor perkebunan juga mengalami pertumbuhan harga secara internasional," ungkap Suryo.

Di sisi lain, dia melanjutkan, untuk mengoptimalkan penerimaan pajak saat ini, DJP juga melakukan pengujian kepatuhan material kepada seluruh wajib pajak terkait dengan data dan informasi yang DJP dapatkan untuk menguji kewajiban perpajakan di tahun-tahun sebelum 2021.