Akses Program Pemerintah, UMKM di Solo Minta Bimbingan Airlangga

Menko Airlangga sambangi pelaku UMKM di Solo.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA – Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berdialog langsung dengan beberapa pelaku usaha mikro yang tergabung dalam Komunitas UMKM usAHA di Jayengan, Solo, Jawa Tengah, hari ini. 

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Hadir dalam kesempatan itu,  6 perwakilan Komunitas UMKM usAHA. Koordinator UMKM usAHA Kota Solo, Yuhan Perdana mengatakan, di Kota Solo sudah ada 255 pelaku UMKM yang bergabung. 

Sementara itu, untuk wilayah Jateng dan DIY ada 2080 UMKM, dan jumlah seluruhnya secara nasional ada 11.325 UMKM yang tersebar di 28 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa. 

Konflik Israel-Iran Memanas, Airlangga Sebut Stabilitas Keuangan Aman 

"Sebenarnya yang mau hadir banyak, tapi karena situasi belum normal ya kami batasi," ujar Yuhan Perdana dikutip dari keterangannya, Kamis, 23 September 2021.

Yuhan menerangkan, jumlah anggota komunitas tersebut adalah UMKM yang sudah mengikuti program pelatihan WirausAHA Maju. Diharapkan peserta program bisa terus bertambah sehingga komunitasnya bisa semakin besar. 

Rupiah Sentuh Rp 16.128 per Dolar AS, Airlangga: Sedikit Lebih Baik dari Malaysia dan China 

"Jadi kami ajak dulu bergabung ikut program pelatihan dulu, lalu kami bentuk komunitasnya," ujar Yuhan.

Baca juga: Pemerintah Diminta Lanjutkan Moratorium Lahan Sawit, Ini Alasannya

Lebih lanjut Yuhan menegaskan, para UMKM pun semangat menggenjot bisnisnya saat ini. Sehingga, bisa tetap produktif dan mencukupi kebutuhannya di tengah Pandemi COVID-19 yang masih melanda.

"Karena kami pedagang-pedagang kecil ini kalau Ora Obah Ora Mamah pak, tidak gerak ya tidak makan. Jadi pandemi ini memang berdampak pada usaha kami, tapi kami tidak diam tetap bergerak dan saling bantu walau harus adaptasi dengan 
pembatasan-pembatasan," ujar Yuhan kepada Airlangga.

Dia pun mengatakan, meski banyak program Pemerintah untuk pemberdayaan UMKM, gerakan yang berasal dari masyarakat juga diperlukan. Ia juga menyampaikan terima kasih pada Airlangga yang telah bersedia menjadi pembina dari UMKM usAHA. 

Dia berharap komunitasnya bisa diberi informasi dan dibimbing agar lebih banyak UMKM yang dapat mengakses berbagai program Pemerintah yang disediakan.

"Karena ada yang baru dengar-dengar saja tapi tidak tahu cara dan syarat untuk mendapatkannya," kata Yuhan.

Merespons hal tersebut, Airlangga Hartarto  menyatakan kegiatan hari ini mampir meninjau UMKM di Solo sebagai bentuk komitmen Pemerintah memastikan menggenjot kinerja UMKM.

"Kita mampir saja, ada kelompok masyarakat namanya UMKM usaha, ini sudah mempunyai ribuan binaan. Karena itu saya lihat lapangannya dan anggotanya siapa saja, dan kebutuhannya seperti apa dalam situasi Pandemi COVID-19," kata Airlangga.

Airlangga pun mengaku banyak mendapatkan curhatan dari para pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Bahkan ada yang mengalami penurunan omzet hingga 50 persen.

"Sekarang dengan situasi yang lebih terkendali, mudah-mudahan mereka bisa menjadi bangkit kembali," imbuhnya.

Airlangga juga mengatakan pemerintah punya berbagai program untuk UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat dengan bunga hanya tiga persen. Program itu bisa dimanfaatkan untuk UMKM mengembangkan usahanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya