Harga Emas 24 September 2021: Global Naik Tipis, Antam Anjlok

Emas batangan yang ditransaksikan di Butik Emas Logam Mulia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Harga emas internasional naik tipis pada perdagangan Jumat, 24 September 2021. Hal ini terjadi setelah turun lebih dari 1 persen di sesi sebelumnya. Penguatan dolar ini dibantu oleh dolar yang lemah, meskipun rencana Federal Reserve untuk mengurangi stimulus terhadap ekonomi AS membuat emas tetap di jalurnya untuk penurunan pekan ketiga berturut-turut.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Dilansir dari CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi US$1.768,8 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 11 Agustus di level $1737,46 pada hari Kamis. Harga turun 0,4 persen sepanjang pekan ini. Sedangkan, emas berjangka AS turun 0,1 persen menjadi US$1.747,80.

Indeks dolar merosot di dekat level terendah satu pekan pada hari Kamis, membuat emas lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Jumlah penduduk Amerika Serikat yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga naik pekan lalu. Tetapi tren yang mendasarinya tetap konsisten dengan pasar tenaga kerja yang terus pulih.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan, proses tapering dapat selesai sekitar pertengahan tahun depan, selama pemulihan tetap di jalurnya. Hal itu disampaikan setelah pernyataan kebijakan bank sentral pekan ini menyarankan untuk menaikkan suku bunga lebih awal dari perkiraan.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi, tetapi kenaikan suku bunga Fed akan meningkatkan biaya peluang memegang emas, yang tidak membayar bunga.

Emas Domestik

Dari dalam negeri, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp917 ribu per gram. Harga tersebut turun Rp7.000 per gram dibandingkan perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp802 ribu per gram. Harga itu turun Rp8.000 per gram dibanding perdagangan kemarin.

Baca juga: Profil 7 BUMN yang Bakal Dibubarkan Erick Thohir

Adapun harga jual emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,36 juta, 10 gram Rp8,66 juta, 25 gram Rp21,53 juta, dan 50 gram Rp42,99 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp85,91 juta, 250 gram Rp214,51 juta dan emas 500 gram Rp428,82 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp508,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp857,6 juta.

Antam mencatat emas ukuran 500 gram, hari ini tidak tersedia di butik logam mulia. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya