KAI Percepat 1 Jam Waktu Tempuh Perjalanan KA Solo-Jakarta

Armada Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • IG PT KAI @kai121_

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan terobosan dan memanjakan penumpang dengan melakukan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Argo Lawu tujuan Solo-Gambir dari delapan jam menjadi tujuh jam. Tak pelak adanya efisiensi waktu tempuh itu disambut gembira oleh penumpang kereta tersebut.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Salah satu penumpang KA Argo Lawu Rahmawati mengaku gembira adanya inovasi yang dilakukan PT KAI untuk layanan KA Argo Lawu yang merupakan kereta eksekutif jurusan Stasiun Solo Balapan-Stasiun Gambir Jakarta. Kini dengan adanya salah satu inovasi yakni percepatan waktu tempuh itu menjadi lebih cepat.

“Senang lah pastinya karena waktu tempuh perjalanan berkurang sekitar satu jam. Biasanya kan hampir delapan jam dan ini tadi diinformasikan jika waktu tempuhnya nanti berkurang menjadi tujuh jam untuk Solo-Gambir,” kata dia di Stasiun Balapan Solo, Jumat, 24 September 2021.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Baca juga: Akhirnya Penebar Ranjau Paku di Gatsu Tertangkap, Ini Tampangnya

Seperti diketahui bahwa hari ini secara serentak PT KAI menghadirkan berbagai inovasi layanan seperti percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan WiFi gratis dan penyediaan live cooking di atas kereta api.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

“Menyambut HUT ke-76 KAI yang jatuh pada 28 September 2021, KAI mengusung tema Lebih Cepat dan Lebih Baik. KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan,” kata Direktur Operasional PT KAI Heru Kuswanto saat membacakan sambutan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Stasiun Balapan Solo, Jumat, 24 September 2021.

Adapun kereta yang melakukan percepatan waktu tempuh perjalanan, disebutkan Heru, meliputi KA Argo Lawu (Solo-Gambir), KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya pasar Turi), KA Argo Wilis (Bandung-Surabaya), KA Argo Dwipangga (Solo-Gambir) dan KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta). 

Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat.

“Misalnya untuk rute Gambir-Yogyakarta perjalannya kini lebuh singkat menjadi hanya sekitar enam jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga. Sedangkan untuk tujuan Gambir-Solo dari delapan jam menjadi tujuh jam,” sebutnya.

Sedangkan terkait layanan WiFi gratis, dia menjelaskan diperuntukkan untuk pelanggan yang naik KA Argo Lawu, KA Bromo Anggrek, KA Argo Dwipangga, KA Argo Wilis, KA Taksana, KA Argo Parahyangan. Hadirnya Wifi gratis bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital.

“Dengan WiFi gratis, pelanggan dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan dan berkomunikasi selama dalam perjalanan,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurut dia, PT KAI juga memanjakan penumpang dengan menghadirkan live cooking di atas kereta. Sebelumnya inovasi seperti pertama kali diterapkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni lalu. 

Kini inovasi live cooking itu pun mulai merambah di sejumlah kereta eksekutif, di antaranya KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka dan KA Argo Wilis.

“Harapannya layanan ini dapat mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner selama dalam perjalanan,” kata dia.

Kemudian untuk ditandai peresmian tiga inovasi tersebut, para penumpang KA Argo Dwipangga pun mendapatkan bingkisan dan sekuntum bunga mawar yang diberikan langsung oleh Direktur Operasional PT KAI Heru Kuswanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya