Dorong Ekspor Produk RI ke Pasar Global, Kemenhub Godok Indonesian SEA

Ilustrasi Ekspor-Impor
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) tengah menggodok wacana baru, yaitu Indonesian Shipping Enterprise Alliance atau Indonesian SEA.

Meorient Kembali Gelar 3 Pameran Internasional untuk Berbagai Sektor Industri

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Mugen Sartoto menjelaskan, hal ini dilakukan Dirjen Hubla Kemenhub dalam rangka untuk membantu mendorong pertumbuhan ekspor produk nasional ke pangsa pasar dunia. Di tengah ketatnya pembatasan dan kontrol keluar masuk pelabuhan di pada masa pandemi saat ini.

"Saat ini kami sedang mencari keberadaan muatan yang akan di ekspor khususnya oleh para pengusaha UMKM, klasifikasi muatannya seperti apa, kebutuhan kontainernya sebanyak apa, pelabuhan tujuan ekspornya ke mana saja," kata Capt Mugen dikutip dari siaran kanal Youtube resmi Ditjen Perhubungan Laut, Jumat 24 September 2021.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Mugen menambahkan, pihaknya juga melihat kondisi seperti ini idealnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan pelayaran nasional untuk beranjak go-internasional.

"Tentunya dengan dukungan penuh dari Pemerintah," ujarnya.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Selaras dengan gagasan pengembangan Indonesian SEA tersebut, Dirjen Hubla Kemenhub melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut juga menyiapkan media komunikasi Shipping Enterprises Alliance Communication  Media (SEACOMM) bagi produsen dan para pengusaha pelayaran nasional.

Baca juga: Aliran Modal Asing Keluar Rp5,92 T, Yield SBN RI Naik Jadi 6,21%

Supaya mereka dapat saling bertukar data dan informasi terkait barang yang akan diekspor, serta ketersediaan ruang muat di atas kapal. 

Lebih lanjut, Capt Mugen mengungkapkan bahwa respons dari para stakeholder, dalam hal ini para eksportir, juga cukup positif. Karena selama ini sebenarnya mereka juga masih mencari bagaimana caranya bisa mengirimkan muatan mereka.

Sedangkan dari sisi Pemerintah, saat ini sedang intens berkoordinasi dan berkolaborasi untuk bisa mendorong pelayaran nasional agar go internasional, dan membawa muatan-muatan ekspor ini.

Oleh karena itu, Capt Mugen berharap dukungan penuh dari seluruh stakeholder, dalam rangka merealisasikan gagasan Indonesian SEA ini.

"Saya mengajak seluruh stakeholder bekerja bersama merealisasikan pembentukan Indonesian SEA, yang akan memberi dampak besar dalam rangka menuntaskan kendala ekspor produk nasional Indonesia ke pangsa pasar dunia," kata Mugen.

"Dan menjadikan pelayaran nasional sebagai Pride of the Nation, yang pastinya juga akan memberikan nilai tambah terhadap daya saing Indonesia di dunia internasional ke depannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya