Meski Jadi Keniscayaan, Bauran Energi Terbarukan Tak Bisa Dipaksa

Instalasi solar cell atau PLTS di Pesantren Wali Barokah Kediri
Sumber :

VIVA – Sejumlah negara telah mulai berupaya mengalihkan konsumsi energi total mereka, dengan memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) dalam komponen penggunaannya secara massal di negaranya masing-masing.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Karenanya, Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan berpendapat, bahwa bauran energi terbarukan itu adalah keniscayaan yang suatu saat nanti pasti akan terjadi di dunia secara global.

"Tapi jangan juga kita terburu-buru dalam artian memaksakan hal tersebut," kata Mamit saat dihubungi VIVA.

Percepat Pengembangan Energi Hijau 'Raksasa' di Sulawesi, PLN Bersinergi dengan China Energy

Baca juga: Soal Revisi PLTS Atap Bisa Bebani APBN, Pemerintah Perlu Alternatif

Bauran energi terbarukan sendiri merupakan persentase antara total konsumsi final energi terbarukan, terhadap total konsumsi energi final untuk mengetahui seberapa besar proporsi penggunaan energi terbarukan terhadap energi total.

Dirut Pertamina Ungkap Strategi Pertumbuhan Ganda di Forum CERAWeek

Alasan Mamit menilai bahwa bauran energi terbarukan itu tidak bisa dilakukan secara terburu-buru dan dipaksakan, adalah karena dampaknya nanti akan berimbas terhadap negara dan masyarakat khususnya masyarakat kecil.

"Karena sejauh ini, tarif renewabel energy di Indonesia itu masih cukup tinggi dan belum affordable untuk masyarakat kecil," ujarnya.

Mamit pun mengaku khawatir bahwa upaya-upaya menuju bauran energi yang dipaksakan agar cepat terealisasi itu, nantinya benar-benar akan memberatkan masyarakat.

Dia mengatakan, tak menutup kemungkinan jika nantinya akan ada kenaikan tarif dasar listrik akibat keharusan pemanfaatan EBT, sehingga akhirnya harus kembali menjadi beban bagi masyarakat dan para pelanggan listrik lainnya.

"Pun misalnya nanti tarif listrik tidak naik, berarti pemerintah harus memberikan subsidi kepada masyarakat. Akhirnya jadi beban negara juga karena harus menanggung itu semua,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya