Jokowi Perintahkan Menteri Basuki Buka Jembatan Sei Alalak Kalimantan

Jembatan Sei Alalak.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Warga Kalimantan Selatan meminta agar Jembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Kalimantan Tengah dibuka.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Desakan itu muncul karena, daerah yang terkenal dengan kemacetannya terutama setelah Jalan Lingkar Utara, kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir.

Presiden Joko Widodo, kemudian mendengarkan keinginan rakyat tersebut. Jokowi memerintahkan agar jembatan tersebut dibuka demi kepentingan masyarakat

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Benar, Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Minggu, 26 September 2021.

Heru mengatakan bahwa pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

"Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang," ujar Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan presiden. Jembatan tersebut menurut Basuki sudah dapat digunakan.

Baca juga: Anggota Brimob Tewas Ditembak KKB di Kiwirok Pegunungan Bintang Papua

"Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan presiden," ujar Basuki di Jakarta.

Basuki menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Selatan terkait koodinasi untuk ujicoba operasional terbatas ini. Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan," ujar Basuki.

Basuki meminta agar masyarakat mentaati aturan lalu lintas. Selain itu, ia pun meminta agar kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan.

"Kami khawatir karena jembatan baru, masyarakat ingin berhenti untuk melihat jembatan atau berfoto. Mohon untuk kepentingan bersama kita tertib dan mentaati aturan lalu lintas," kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Jembatan Sei Alalak telah selesai seluruh proses pembangunannya pada Jumat, 24 September 2021. Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya