3 Menteri Sidak, Konstruksi Tol Cisumdawu Capai 92,35 Persen

Progres konstruksi jalan tol Cisumdawu seksi 1 Jatinangor-Rancakalong.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan kerja meninjau progres pembangunan simpang susun Cileunyi dan Jalan Tol Cisumdawu pada Kamis 30 September 2021.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Sebagaimana dikutip dari postingan di laman Instagram @pupr_bpjt, diketahui bahwa saat ini progres konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Phase III, Seksi II Phase I, dan Seksi II Phase II sepanjang 27,62 Km, yang dibangun oleh pemerintah, telah mencapai progres konstruksi 92,35 persen.

"Dengan terbagi menjadi Seksi I Phase III Cileunyi-Rancakalong (10,57 Km), Seksi II Phase I Rancakalong-Ciherang (6,35) Km), dan Seksi II Phase II Ciherang-Sumedang (10,70 Km)," sebagaimana dikutip dari postingan tersebut, Kamis 30 September 2021.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Baca juga: APBN 2022 Diketok DPR, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,2 Persen

Kemudian, Seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,22 Km, saat ini progresnya telah mencapai 25,83 persen. 

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Capaian itu terbagi menjadi Seksi III Sumedang-Cimalaka (4,05 Km) dengan konstruksi sudah 100 persen rampung, Seksi IV Cimalaka-Legok (8,20 Km) dengan konstruksi sudah berjalan 6,59 persen, dan Seksi V Legok-Ujung Jaya (14,90 Km) di mana konstruksinya sudah berjalan 4,28 persen.

"Serta Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan (6,07 Km) di mana konstruksinya sudah berjalan 19,81 persen," tulisnya.

Sebagai upaya mempercepat progres penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cisumdawu, maka telah ditambahkan sejumlah pekerja di lapangan dan ketersediaan alat berat untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Sebelumnya, untuk ketersediaan pekerja di lapangan, dari rencana awal hanya 254 kini menjadi 459 karyawan. Selain itu, untuk ketersediaan alat yang sebelumnya hanya menggunakan satu launcher dan empat support/shoring, kini menjadi satu launcher, dua crane dan delapan support/shoring.

Saat ini juga tengah dilakukan pengerjaan pada tiga titik pembangunan, di antaranya Ramp 1, Ramp 2, dan jembatan penghubung serta jembatan utama. Untuk Ramp 1 dan Ramp 2 ditargetkan akan selesai pada November 2021. Kemudian untuk jembatan penghubung dan jembatan utama akan selesai pada Desember 2021.

Penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu keseluruhan dapat segera selesai di akhir tahun 2021 dan diharapkan sudah dapat digunakan pada awal tahun 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya