Kangen Liburan? Yuk Cuci Mata dengan Panorama Indah di Jalan Tol Ini

Sorot Mobil Mudik - Mobil melaju di Jembatan Tuntang, Tol Bawen-Salatiga
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Pandemi COVID-19 yang telah terjadi dalam 1,5 tahun terakhir, membatasi gerak masyarakat dengan pembatasan-pembatasan yang dirancang pemerintah guna menekan laju penyebaran dan penularan COVID-19 di masyarakat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hal itu jelas berimbas pada kegiatan-kegiatan masyarakat harian, termasuk kegiatan liburan dan wisata yang juga dibatasi pemerintah secara ketat agar tidak menjadi klaster penularan COVID-19.

Kondisi semacam ini tentu saja membuat sebagian besar masyarakat harus mendekam di rumah atau lingkungannya masing-masing, guna menjaga diri dari penularan COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: 3 Menteri Sidak, Konstruksi Tol Cisumdawu Capai 92,35 Persen

Rasa bosan pun sudah pasti menjangkit sebagian besar masyarakat, karena hasrat berlibur menikmati pemandangan alam yang indah pun harus dibatasi dengan adanya berbagai kebijakan pandemi.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Namun, sebagai pelipur lara dari momen-momen indah dalam perjalanan berlibur atau berwisata, kali ini VIVA coba bantu mengobati kerinduan pembaca akan suasana dan pemandangan indah selama perjalanan melalui sejumlah pemandangan dari beberapa spot di jalan-jalan tol berikut ini:

1. Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Jalan tol ini menghubungkan Cikopo, Purwakarta, dan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Cipali merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten, hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Tol Cikopo-Palimanan dikenal juga sebagai ruas jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia, setelah Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Sumatera.

Ruas jalan tol ini memperpendek jarak tempuh pengendara sejauh 40 km dan juga memotong waktu tempuh 1,5 sampai 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantai Utara Jawa Barat. 

Pada tol ini para pengendara dapat dimanjakan oleh indahnya pemandangan sawah-sawah nan hijau sehingga menyejukkan mata. Bahkan, di KM 181-182 pengendara dapat melihat batu yang dikeramatkan warga, yakni Batu Bleneng.

2. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang)

Ilustrasi Arus lalu lintas di jalan Tol Cipularang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tol Cipularang yang dibuka sejak 2002 merupakan opsi yang sering digunakan oleh para pelintasnya untuk mempercepat perjalanan Jakarta-Bandung ataupun sebaliknya, dengan titik-titik yang melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada tol ini pengendara bisa dimanjakan pemandangan pegunungan di Jalan Tol Cipularang yang diiringi dengan kontur jalan naik-turun dan dengan banyak jembatan yang panjang dan tinggi.

3. Tol Padalarang-Cileunyi

Foto udara persimpangan Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 23 November 2018.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sebagai jalan tol yang merupakan kelanjutan dari Tol Cipularang, ruas Tol Padalarang-Cileunyi selain menghubungkan Jakarta dengan Bandung ternyata juga menghubungkan tujuan ke Sumedang, Garut, Nagreg, Ciamis, Tasikmalaya, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur melalui Jalan Nasional Rute III.

Pada tol ini pengendara masih disajikan pemandangan atau panoramik view sehingga bisa melepas lelah jika melihatnya.

4. Tol Bawen-Salatiga

Sorot Mobil Mudik - Mobil melaju di Jembatan Tuntang, Tol Bawen-Salatiga

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Tol Bawen-Salatiga memiliki keindahan dimana ruas jalan tol ini berhiaskan pemandangan Gunung Merbabu yang megah. Jalan tol ini sempat viral karena latar Gunung Merbabu terlihat jelas di gerbang tol Salatiga saat pagi hari.

5. Tol Soreang-Pasirkoja

Jalan Tol Soreang - Pasir Koja Bandung. (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA Foto/Raisan Al Farisi

Jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dengan Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini, diresmikan Presiden Jokowi pada 2017. Tol Soreang-Pasirkoja juga terhubung oleh Jalan Tol Padaleunyi di sebelah utara.

Dari tol ini pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Stadion Si Jalak Harupat bisa dilihat pelintas saat cuaca cerah.

6. Tol Medan-Tebing Tinggi

Simpang susun tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Photo :
  • istimewa

Tol Medan-Tebing Tinggi ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dan terhubung dengan Jalan Tol Belmera, di mana ruas jalan tol ini menghubungkan Medan, Tebing Tinggi, serta Bandar Udara Internasional Kualanamu.

7. Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara

Photo :
  • Instagram Bali Mandara

Tol Bali Mandara ini pasti sudah sering dilintasi oleh para wisatawan yang pernah ke Bali, saat berwisata ke kawasan Uluwatu atau Nusa Dua dari arah Kuta atau Seminyak.

Pemandangan matahari terbenam alias sunset bisa dengan mudah ditatap di sini saat melintas, baik oleh pengemudi kendaraan roda empat bahkan roda dua. Jalan tol ini juga menjadi jalan tol di atas laut pertama di Indonesia.

8. Tol Pandaan-Malang

Jalan tol Pandaan-Malang seksi IV.

Photo :
  • istimewa

Tol Pandaan-Malang ini dihiasi pemandangan indah panorama Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru.

Jalan tol ini menjadi akses utama yang menghubungkan antara Malang dengan Surabaya dan kota-kota lain di Pulau Jawa via jalan tol.

9. Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Photo :
  • Kementerian PUPR.

Jalan Tol Cilenyi-Sumedang-Dauwan ini adalah jalan tol yang saat ini masih dalam progres konstruksi. Jalan tol ini nantinya akan menjadi akses masyarakat dari kota Bandung menuju Bandara Internasional Kertajati.

Jalan tol yang akan segera beroperasi pada awal 2022 ini membelah sejumlah bukit, dan menampilkan gunung Tampomas. Bahkan, pengendara bisa merasakan seperti di Ubud bali, jika melihat pemandangan sawah di sekitar tol.

Selain itu, ada pemandangan unik dari jalan tol baru ini yaitu adanya dua terowongan kembar dengan panjang mencapai 483 meter, yang membelah gunung yang cukup tinggi dan menjadi terowongan pertama jalan tol di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya