Hampir 300 Meter, Ini 10 Gedung Tertinggi di Indonesia Secara Lengkap

Menara Astra
Sumber :
  • Astra International

VIVA – Gedung tertinggi di Indonesia sering menjadi salah satu patokan perkembangan ekonomi di sebuah negara yang tumbuh dengan pesat. Tidak hanya menjadi perkembangan ekonomi jangka panjang, Gedung tertinggi juga menjadi salah satu ikon terbaik.

Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung LBH Jakarta

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam beberapa waktu ke belakang bahwa pembangunan Gedung pencakar langit sering dilakukan dilakukan secara masif terkhusus di kota-kota besar. Bangunan yang tinggi tersebut mayoritas terletak di ibu kota Jakarta dan rata-rata dipakai untuk perkantoran.

Setiap bangunan tinggi dibangun dengan gengsi yang berbeda untuk bentuk bisnis properti. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai gedung tertinggi di Indonesia, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Gedung LBH Jakarta Kebakaran, Ada Ledakan di Lantai 2

Lalu, Apa Saja Gedung Tertinggi di Indonesia?

Gama Tower – 285.5 Meter

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Saat ini, Gamma Tower memiliki tinggi 285,5 meter dan saat ini menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Bangunan ini memiliki total 64 lantai yang digunakan sebagai hotel dan perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Pada saat yang sama, gedung ini berisi Westin Hotel yang merupakan salah satu hotel termewah di Indonesia saat ini. Patut disebutkan bahwa Gama Tower juga telah mendapatkan sertifikasi Greenship Gold, memiliki sertifikasi green building, dan ramah lingkungan.

Tresury Tower – 279.5 Meter

Tresury Tower adalah gedung pencakar langit setinggi 279,5 meter yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD) di Jakarta selatan. Tresury Tower terletak di Lot 8 bersama dengan 10 gedung lainnya, yaitu Gedung Keuangan dan 3 gedung perkantoran lainnya, 1 hotel, dan 6 apartemen residensial.

Pendiri gedung ini adalah Agung Sedayu Group, yang menggandeng Wiratman and Associates sebagai desainernya. Bangunan ini selesai pada tahun 2016 dan lantai paling atas berada di ketinggian 260.6 meter. Gedung Tresury Tower ini memiliki 57 lantai dan digunakan sebagai ruang perkantoran.

Wisma 46 – 261.9 Meter

Wisma 46 Kota BNI, Jakarta Pusat

Photo :
  • vivanews/Andry

Wisma 46 dibangun lebih awal dari bangunan modern lainnya dan telah ada sejak tahun 1996. Gedung pencakar langit ini merupakan kantor perusahaan Bank Nasional Indonesia (BNI). Gedung ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Salah satu gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 261,9 meter dan 46 lantai sesuai dengan nama gedungnya. Hingga tahun 2013, Wisma 46 menyandang predikat gedung tertinggi, dan kemudian harus merelakan gelarnya karena munculnya gedung lain yang lebih tinggi.

Astra Tower – 261 Meter

Menara Astra, Sudirman

Photo :
  • vivanews/Andry

Masih berada di kawasan Sudirman Jakarta Pusat, ada satu lagi gedung tertinggi di Indonesia yaitu Menara Astra. Gedung milik Grup Astra ini mempunyai jumlah lantai sebanyak 50 lantai dan mempunyai ketinggian 261 meter.

Gedung Astra Tower yang baru selesai dibangun pada tahun 2017 dan mulai digunakan pada tahun berikutnya ini tidak hanya digunakan untuk gedung perkantoran, melainkan kafe, restoran, dan supermarket juga ada di gedung ini.

Sahid Sudirman Center – 258 Meter

Sahid Sudirman Center adalah gedung pencakar langit 59 lantai. Ketinggian gedung yang selesai dibangun pada tahun 2015 ini adalah 258 meter. Sahid Sudirman Center terletak di kawasan bisnis Sudirman Jakarta dan dilengkapi dengan 30 lift.

Dikutip dari berbagai sumber, gedung tersebut dimiliki oleh perusahaan gabungan milik pengusaha Chen Jian, Sahid Group dan Pikko Group, yakni KSO Sahid Megatama Karya Gemilang.

Millenium Centennial Center – 254 Meter

Ukuran File Upload Lebih Besar dari 500 KB

Bangungan ini adalah salah satu puncak tertinggi yang terletak di segitiga emas Jakarta dan termasuk ke dalam Gedung terginggi di Indonesia dengan total ketinggian yang mencapai 254 meter.

Selain itu, Gedung Millenium Centennial Center ini mempunyai 53 lantai di atas tanah dan 6 lantai basement dengan total kapasitas 750 kendaraan, sehingga bangunan ini menjadi salah satu bangunan tertinggi di Jakarta dan Indonesia.

Hotel Raffles – 253 Meter

Hotel Raffles, Jakarta

Photo :
  • Raffles

Hingga tahun 2018, seluruh gedung tertinggi di Indonesia berada di ibu kota tercinta Jakarta. Salah satu gedung tertinggi di Indonesia adalah Hotel Raffles yang terletak di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Raffles Hotel, juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel Tower, selesai dibangun pada tahun 2015.

Hotel mewah ini memiliki tinggi 253 meter dan memiliki 52 lantai. Fakta menarik tentang Hotel Raffles, Raja Salman, pemimpin tertinggi Arab Saudi, berkesempatan menginap di hotel ini saat berkunjung ke Indonesia pada 2017 lalu.

The Pakubuwono Signature – 252 Meter

Salah satu gedung tertinggi di Indonesia adalah The Pakubuwono Signature dengan ketinggian mencapai 252 meter dengan 50 lantai. Selain itu, gedung ini juga telah menjadi bangunan residensial tertinggi dan salah satu yang termahal di Indonesia.

The Pakubuwono Signature ini terdiri atas 5 bangunan, mulai dari Eaglewood, Cottonwood, Ironwood, dan Basswood. Secara keseluruhan, total residensial yang adadi gedung ini sekitar 639 unit. Berdasarkan beberapa sumber, harga rata-rata satu unit apartemen di Pakubuwono Signature mencapai Rp28 miliar.

Sinarmas MSIG Tower – 245 Meter

Gedung tertinggi di Indonesia berikutnya yang juga dikenal sebagai Chase Tower ini adalah kantor pusat dari perusahaan Asuransi Sinarmas MSIG. Selain itu, bangunan tersebut telah berdiri dengan total ketinggian yang mencapai 245 meter dan terdiri dari 48 lantai serta terkoneksi langsung dengan Stasiun MRT Setiabudi.

World Capital Tower – 244 Meter

World Capital Tower terletak di pusat kawasan bisnis Kuningan serta mempunyai luas bangunan sekitar 57.000 m2. Gedung yang digunakan untuk kantor ini mempunyai ketinggian sekitar 244 meter yang terdiri atas 54 lantai. Menariknya lagi, Kuningan City, Mal Ambassador, dan ITC Kuningan bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

World Capital Tower dilengkapi dengan25 lift yang terbagi atas empat zona: Low Zone, Mid Low Zone, Mid High Zone dan High Zone, serta lift layanan khusus dan lift eksekutif. Fasilitas lain yang ada di gedung ini adalah 800 tempat parkir, ATM, foodcourt, bank, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya