Genjot Tranformasi, Erick Thohir Pererat Kerja Sama Kampus dan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, keterampilan dan keahlian mahasiswa di universitas bisa dikolaborasikan untuk menggenjot inovasi di BUMN. Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara di Dies Natalis ke-40 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). 

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Erick menjelaskan, BUMN saat ini sedang melakukan transformasi mulai dari sumber daya manusia hingga transformasi digital. Langkah BUMN itu termasuk bagaimana kerja sama penelitian dan bisnis dengan universitas. 

“Transformasi BUMN tidak ada artinya kalau tidak ada transformasi human capital. Salah satunya bagaimana bisa kerja sama dengan universitas,” kata Erick di Serang, Jumat, 1 Oktober 2021, dikutip dari keterangannya.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Erick memastikan, kerja sama penelitian dan bisnis antara BUMN dan unversitas ini bisa terwujud. Salah satunya adalah kerja sama Untirta dengan Angkasa Pura II dalam implementasi program Merdeka Belajar.

Baca juga: Hampir 300 Meter, Ini 10 Gedung Tertinggi di Indonesia Secara Lengkap

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

“Bagaimana Merdeka Belajar yang dikembangkan bapak Mendiknas, kita kerjasamakan dengan Angkasa Pura. Jadi mahasiswa yang di Untirta bisa ada program magang di BUMN,” ujarnya. 

Lebih lanjut menurut Erick, BUMN akan membangun training center untuk anak muda. Komitmen itu telah ditunjukkan belum lama ini dengan membuat program #GirlsTakeOver 2021, untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan. 

“Saya rasa nanti kita kembangkan juga agar generasi muda jadi bagian dari training center di BUMN, memang generasinya ke sana,” ujarnya. 

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaiman menjelaskan, kolaborasi dengan BUMN dan kampus dikembangkan untuk program magang. 

Mahasiswa bisa melakukan riset dan penguatan kapasitas dalam rangka kampus merdeka belajar. Salah satu yang digagas adalah kerja sama dengan Angkasa Pura II. 

“Sudah ada MoU, kita kirim mahasiswa ke Angkasa Pura sesuai bidang yang kita miliki untuk fasilitasi magang. Saya kira banyak program untuk implementasi merdeka, merdeka belajar,” tambahnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya