Bright PLN Batam Bertransformasi Kembangkan Energi Terbarukan

Bright PLN Batam
Sumber :
  • Bright PLN Batam

VIVA – Kebutuhan listrik nasional diprediksi akan meningkat hingga 5 kali lipat pada 2060. Penambahan kapasitas pembangkit, transmisi, dan distribusi diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

PLN Indonesia Power Kebut Pembangunan PLTS 500 MW dari Proyek Hijaunesia

Asumsi Pertumbuhan konsumsi listrik sebesar 4,6 persen, kebutuhan kelistrikan pada 2060 diproyeksi sebesar 1.800 TWh. Penambahan kapasitas pada 2060 sebesar 1.500 TWh atau lima kali lipat dari kapasitas listrik di tahun ini sebesar 300 TWh.

Direktur Utama Bright PLN Batam, Nyoman S. Astawa mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Bright PLN Batam berencana ke depan di antaranya untuk fokus membangun pembangkit listrik yang lebih ramah lingkungan. Salah satu langkah nyata dengan mengembangkan bisnis energi baru terbarukan (EBT). 

Percepat Pengembangan Energi Hijau 'Raksasa' di Sulawesi, PLN Bersinergi dengan China Energy

"Saat ini PLN Batam telah merencanakan membangun Pembangit Listrik Tenaga Surya, selain itu juga pengembangan bisnis energi baru terbarukan (EBT) dapat menarik para investor dalam negeri maupun asing. Didukung dengan wilayah kerja PLN Batam yang merupakan hub logistik internasional," kata Nyoman pada Jumat 1 Oktober 2021.

Baca juga: Direstui Jokowi, Pelindo I-IV Resmi Merger

Pertamina Resmikan PLTS Kilang Cilacap

Berdasarkan data Kementerian ESDM hingga 2020 telah terpasang 153,5 Mega Watt (MW) PLTS di dalam negeri. Sedangkan potensi energi surya di Indonesia bisa mencapai 207,8 Giga Watt (GW).

“Dengan potensi energi surya di Indonesia, PLTS diprediksi menjadi salah satu pendorong pencapaian energi baru terbarukan karena dinilai bisa dibangun atau dipasang lebih cepat dibandingkan jenis energi baru terbarukan lainnya," ungkap Nyoman.

Nyoman Menambahkan, PLTS yang  rencana akan dibangun oleh PLN Batam dinilai mampu memenuhi target 23 persen energi baru terbarukan pada tahun 2025, dan tujuan utamanya menciptakan nol emisi karbon pada tahun 2060.

"Harapannya pembangunan PLTS ini akan mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Batam dan PLN Batam bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," tutup Nyoman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya