Sistem Merit Kementerian BUMN Dapat Predikat Terbaik, Ini Kata Erick

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat apresiasi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Lembaga yang mengelola BUMN ini berhasil meraih posisi sebagai instansi pemerintah dengan Sistem Merit terbaik. 

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, penilaian dari KASN itu membuktikan bahwa transformasi yang dilakukan di Kementerian BUMN berjalan sangat baik.

"Meskipun menghadapi situasi pandemi, Kementerian BUMN mampu berinovasi dalam menciptakan situasi kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh pegawai," kata Erick, Jumat 8 Oktober 2021.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Baca juga: UNDP: Lebih dari 1 Juta Orang Indonesia Berpotensi Jatuh Miskin

Erick mengatakan, situasi saat ini berbeda dari dua tahun lalu, di mana peringkat Kementerian BUMN kala itu masih berada di bawah. Karena itu, Erick mengakui bahwa capaian ini telah membangun optimisme Kementerian BUMN, bahwa transformasi yang dilakukan sampai saat ini di telah berjalan dengan sangat baik.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

"Termasuk dalam hal mengawasi korporasi sehingga tahun 2020 kinerjanya pada saat COVID-19 tetap bisa memberikan kontribusi sebesar Rp375 triliun kepada negara," ujarnya.

Namun, Erick berharap pencapaian Kementerian BUMN ini tidak lantas membuat jemawa. Dia memastikan, hal ini akan semakin memacu Kementerian BUMN untuk bekerja lebih baik lagi, agar dapat mempertahankan nilai Sistem Merit terbaik itu.

"Hal ini bukan membuat kami terlena, tetapi justru memacu kami untuk mempertahankannya, dan biasanya mempertahankan itu lebih sulit. Bahwa transformasi BUMN dari segi sumber daya manusia juga dinilai sangat baik dan hasilnya baik," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto menjelaskan, dari total 34 Kementerian, terdapat 13 Kementerian yang dinilai sangat baik. Dua diantaranya berhasil memperoleh nilai Sistem Merit tertinggi yaitu Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN.

KASN pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kementerian BUMN, dan menjadikan Kementerian BUMN sebagai role model bagi Kementerian lain serta bagi instansi-instansi lainnya di daerah.

"Kami berharap dengan sistem yang dibangun melalui Sistem Merit ini akan mampu menghasilkan para ASN yang profesional, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan mensejahterakan bagi bangsa ini," jaga Agus.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat dan mudah-mudahan ini bisa dijaga dengan baik, dan bisa selalu ditingkatkan sehingga visi-misi Bapak Presiden betul-betul tercapai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya