Menteri Sandi Dapat Wayang Raden Sandiaga Uno dari Dalang Cilik

Menparekraf Sandiaga Uno dapat hadiah wayang dari dalang cilik.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno meresmikan Kampung Wisata Rejowinangun di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Jumat 8 Oktober 2021.

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Ditemani oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Sandiaga sempat melihat-lihat sejumlah potensi yang ada di Kampung Wisata Rejowinangun.

Saat peresmian Kampung Wisata Rejowinangun ini, Sandiaga sempat disuguhi dengan pertunjukkan wayang kulit yang dibawakan oleh Alby Ersani Widyaputra. Dia adalah seorang dalang cilik berusia 9 tahun.

Ungkapan Duka, Sandiaga Uno Kenang Kebersamaan dengan Babe Cabita

Usai menonton wayang kulit yang dibawakan oleh Alby ini, Sandiaga mendapatkan sebuah hadiah. Hadiah ini berupa sebuah wayang yang dibuat dari kardus.

Wayang kardus ini dibuat khusus Alby untuk Sandiaga. Karakter wayangnya pun memiliki bentuk wajah seperti Sandiaga. Karakter wayang ini memakai blangkon dan kaca mata.

Bertamu ke Rumah Prabowo, Sandiaga: Hanya Silaturahmi Lebaran

"Ini wayang untuk Pak Sandi. Saya namai wayang Raden Sandiaga Uno," kata siswa kelas 3 SD Gedongkuning, Kota Yogyakarta ini.

Mendapatkan wayang kardus ini, Sandiaga pun menanyakan apakah memang ada karakter wayang yang mirip dengan tokoh pewayangan asli. Alby mengaku jika wayang yang dibuatnya untuk Sandiaga ini adalah wayang rekaan dan tak ada penokohannya di pewayangan.

Baca juga: Satgas BLBI: Musim Penagihan Utang Obligor Makin Panas

Hanya saja, juara ke 2 Festival Dalang Anak Kota Yogyakarta tahun 2019 ini mengaku, jika saat membuat wayang Raden Sandiaga Uno dirinya terinspirasi dari sosok Batara Wisnu yang dikenal sebagai karakter bijaksana.

Sandiaga pun mengapresiasi kesungguhan Alby menjadi dalang. Bahkan, Sandiaga pun berencana akan mengajak Alby untuk mendalang ke luar negeri.

"Potensinya luar biasa. Saya terpikir untuk mengajaknya mendalang ke luar negeri ya. Mungkin ke Washington DC. Tentunya bersama keluarga," kata Sandiaga.

Tak hanya itu, untuk mendukung keinginan melestarikan budaya, Sandiaga juga membelikan satu set wayang kepada Alby. Hal ini karena Alby sempat curhat kepada Sandiaga karena dirinya masih memakai wayang untuk standar latihan dalam penampilannya mendalang.

"Langsung kita belikan ke UMKM setempat. Tadi saya order di Pak Tugiman. Nanti itu buat Mas Alby. Kita support penuh karena kecintaannya pada wayang luar biasa dan ingin melestarikannya," ungkap Sandi, sapaan akrab Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya