Perbarui Aplikasi Mobile, Ini Janji PLN ke Pelanggan Setia

New PLN Mobile.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA – PT PLN (Persero) menggelar "Major Launch: New Feature on PLN Mobile", guna meluncurkan versi pembaruan terkini dari aplikasi PLN Mobile yang sudah ada sebelumnya.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo menegaskan, dengan aplikasi New PLN Mobile ini maka semua bentuk pelayanan dari PLN kepada para pelanggannya akan menjadi setransparan mungkin.

"Dan kami bisa melakukan koreksi di dalam (internal PLN)," kata Darmawan dalam telekonferensi, Rabu 13 Oktober 2021.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

Baca juga: Ayo! Intip Cara Dapat Promo Listrik 'Super Dahsyat' PLN

Dengan aplikasi terbaru New PLN ini, Darmawan pun menjamin bahwa bentuk pelayanan PLN kepada para pelanggannya akan lebih interaktif dan optimal ke depannya. 

Desain TWS Ini Unik

"Makanya ini fitur-fiturnya bukan fitur-fitur yang biasa lagi. Ini fitur yang sangat berbeda dengan yang dulu," ujarnya.

Dia pun mencontohkan misalnya fitur terbaru Payment Center, yang memungkinkan para pelanggan PLN melakukan pembayaran langsung tagihan listrik mereka di aplikasi tersebut. 

"Kalau dulu pelanggan harus ke ATM, sekarang bisa bayar langsung," kata Darmawan.

Kemudian, ada juga fitur pembelian token, dan fitur penyampaian keluhan pelanggan terkait pengaduan akan adanya gangguan layanan listrik di rumah mereka. 

Darmawan memastikan, khususnya untuk fitur layanan pengaduan di aplikasi New PLN Mobile ini, sistem yang digunakan pun menurutnya sudah sama sekali baru dibandingkan aplikasi PLN Mobile sebelumnya.

"Sebelumnya, pada waktu ada gangguan listrik, kami kaget juga karena banyak sekali teknisi kami di bawah yang langsung meng-klik bahwa listrik sudah menyala. Padahal di rumah pelanggannya belum menyala," ujar Darmawan.

Tampilan PLN Mobile.

Photo :
  • Dok. PLN

Jadi, kalau sebelumnya call center 123 PLN dinilai kurang transparan dalam melayani dan merespons keluhan pelanggan karena tidak terpantau internal mereka, maka saat ini Darmawan memastikan jika hal itu tidak akan terjadi lagi melalui pemanfaatan aplikasi New PLN Mobile tersebut.

Kemudian, lanjut Darmawan, ada juga soal fitur perubahan (penambahan) daya listrik dan fitur sambungan listrik baru, yang saat ini juga telah diakomodir di dalam aplikasi New PLN Mobile tersebut.

"Kalau dulu itu harus pelanggan sendiri yang cari tahu, 'Wah, saya harus gimana nih?'. Kemudian mereka cari sendiri nomor telepon kantor wilayah (PLN), dan enggak dapat-dapat. Lalu ke call center lama-lama kok enggak direspons? Akhirnya di situ lah yang kerap muncul makelar-makelar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya