Dukung DPSP, Adaro Siap Rehabilitasi DAS Bukit Menoreh

Adaro Energy Tbk.
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Adaro Energy Tbk menegaskan kesiapannya dalam melakukan rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Bukit Menoreh, kawasan Borobudur, Jawa Tengah. Hal tersebut sesuai dengan tugas dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengungkapkan, pulihnya vegetasi DAS ini sangat penting untuk membantu menjaga konservasi sumber daya air dan pencegah bencana banjir. Adaro merupakan satu dari lima perusahaan yang  akan melakukan rehabilitasi DAS seluas 1.656 hektare.

"PT Adaro Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah, siap untuk mensukseskan kegiatan ini. Dengan niat baik ini semoga semuanya dimudahkan dan membawa berkah bagi kita semua," ujar Garibaldi, dikutip dari keterangannya Rabu, 13 Oktober 2021.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Garibaldi optimistis, langkah bersama ini akan meningkatkan percepatan pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan. Kolaborasi para pemangku kepentingan akan menjadikan manfaatnya tidak hanya akan dirasakan masyarakat sekitar tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pajak Karbon PLTU Diterapkan 1 April 2022, Segini Tarifnya

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

"Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," tambahnya.

Seperti diketahui, pada 12 Oktober lalu Direktur PT Adaro Indonesia Priyadi telah melakukan serah terima hasil penanaman rehabilitasi DAS kepada Plt Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK Helmi Basalamah di Jakarta. 

Dalam kesempatan ini, Adaro ditetapkan jadi salah satu dari lima perusahaan yang ditunjuk untuk mendukung proyek strategis nasional yaitu kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan pada wilayah-wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Perbukitan Menoreh.

Photo :
  • U-Report

Sementara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya dan Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir menyaksikan acara tersebut secara virtual.

Rehabilitasi DAS merupakan kewajiban dan menjadi komitmen bagi pemegang IPPKH. Di tengah pandemi pun Adaro memastikan rehabilitasi DAS tetap berjalan baik. Sebagai wujud komitmen perusahaan tidak hanya mengejar aspek keuntungan semata tetapi juga berupaya memberikan dampak baik ke lingkungan dengan memperbaiki lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya