Cetak SDM Perbankan Berkompeten, Bank Sinarmas Gandeng Kampus

Asisten virtual Bank Sinarmas
Sumber :
  • Bank Sinarmas

VIVA – Bank Sinarmas melalui Unit Usaha Syariah (UUS) yang dimiliki bekerjasama dengan Universitas Brawijaya meningkatkan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor perbankan. Hal ini juga merupakan bagian dari Program Merdeka belajar yang digagas Pemerintah.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama tersebut telah dilakukan oleh keduanya. Bank Sinarmas dengan UNB akan bekerjasama mulai dari penyusunan kurikulum hingga penyelesaian program.

Tak hanya itu, Direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah Halim mengungkapkan, pihaknya juga akan memberikan program magang secara khusus untuk Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Program itu bernama Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

“Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memajukan pendidikan dan aspek lain terkait perbankan," ujar Halim dikutip dari keterangannya, Rabu, 13 Oktober 2021.

Halim mengungkapkan, program magang di Bank Sinarmas UUS akan berlangsung selama 6 bulan dan kegiatannya akan diekuivalensikan setara dengan 20 SKS. Pihaknya akan berkontribusi sebagai penyedia kesempatan magang di industri pembangkan. 

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Dergan cakupan, penyediaan mentor bagi mahasiswa, penyediaan perangkat magang. Termasuk proyek hingga studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang berlangsung. Bahkan di akhir magang mahasiswa bidang teknik diberikan kesempatan mengikuti uji sertifikasi kompetensi.

Baca juga: Lagi Pandemi, PMN Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dinilai Wajar

"Semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan dan memberi manfaat bagi mahasiswa Universitas Brawijaya maupun universitas-universitas mitra sehingga pendidikan Indonesia semakin berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), Abdul Ghofar mengungkapkan, kerja sama ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi institusi maupun bagi mahasiswa. FEB UB jadi memiliki mitra yang dapat membantu mengembangkan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

Kerja sama Bank Sinarmas dengan Universitas Brawijaya.

Photo :
  • Dokumentasi Bank Sinarmas.

"Kegiatan magang MBKM bersertifikat ini merupakan langkah awal untuk lebih meningkatkan interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, Dengan demikian, FEB UB dapat menghasilkan lulusan yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya