ITDC Gandeng TBIG Bikin Work From Bali di Nusa Dua Makin Asyik

Nusa Dua Beach, Bali
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Anak usaha anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) gandeng Tower Bersama Grup (TBIG) melakukan penyediaan, pengembangan dan penyelenggaraan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kawasan The Nusa Dua, Bali. Penandatangan kerja sama itu dilakukan hari ini.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti mengungkapkan, kerja sama ini bertujuan untuk mengintegrasikan layanan TIK di kawasan The Nusa Dua guna meningkatkan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi bagi pelaku usaha di kawasan itu. Serta mewujudkan visi The Nusa Dua sebagai Smart Resort.  

Menurutnya, ITDC NU bersama TBIG akan membangun, menempatkan, mengoperasikan, memelihara, mengelola dan/atau menyewakan neutral infrastruktur dan layanan TIK. Khususnya kepada operator telekomunikasi, provider, pelanggan, dan end user publik di kawasan The Nusa Dua.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Dengan kerja sama ini akan memberikan nilai tambah kawasan The Nusa Dua sebagai sebuah destinasi wisata MICE terkemuka di Indonesia and world class tourism complex. Dan optimistis, kelengkapan di bidang TIK ini akan dapat membantu kesuksesan penyelenggaraan event-event besar yang akan berlangsung di The Nusa Dua," ujar Ema dikutip dari keterangannya, Kamis 14 Oktober 2021.

Ema meyakini, TBIG sebagai perusahaan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengembangan dan penyelenggaraan Infrastruktur TIK Neutral yang menunjang adanya penyediaan 4G/5G signal coverage, IoT dan solusi digital lainnya. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Sehingga dapat memberikan solusi kemudahan komunikasi terutama di masa saat pandemi ini dalam mendukung program pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu kebijakan Work From Bali (WFB). Program itu diketahui diluncukan secara bertahap, guna mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC NU A.A.Istri Ratna Dewi memastikan, akan berupaya untuk terus meningkatkan kelengkapan dan kualitas layanan yang diberikan. Salah satunya melalui penyediaan neutral infrastruktur TIK yang terintegrasi di kawasan The Nusa Dua. 

Kolaborasi ini ditegaskan akan menghadirkan layanan TIK terkini sebagai layanan baru bagi para pelaku usaha dan wisatawan di kawasan pariwisata The Nusa Dua. 

"Kami juga berharap kerja sama ini akan memberikan manfaat pengembangan usaha yang besar bagi kedua belah pihak di masa yang akan datang,” tambahnya.

Kerja sama ITDC dengan TBIG.

Photo :
  • Dokumentasi ITDC.

Direktur TBIG Budianto Purwahjo mengatakan, pihaknya berkomitmen  bersama-sama turut memajukan Kawasan Pariwisata Nusa Dua Bali baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerja sama pengembangan Neutral Infrastruktur dan layanan TIK ini diharapkan memberikan kemudahan akses dengan didukung teknologi digital yang dapat menjadi solusi penunjang dalam kemudahan komunikasi di kawasan itu 

"Terutama di masa sulit seperti pandemi ini,” ungkapnya.

Neutral Infrastruktur dan layanan TIK akan melengkapi layanan utilitas di dalam kawasan The Nusa Dua yang telah dikelola oleh ITDC NU selama ini. Seperti project pengolahan air limbah di lagoon nusa dua, pengolahan air besih dan air irigasi, pengelolaan gas, pembangkit listrik tenaga Surya, beserta pemanfaatan sampah menjadi energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya