PIP Makassar Genap Satu Abad, Ini Harapan Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama taruna dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kamis (12/1/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Pusat Pendidikan pelayaran Makassar yang saat ini bernama Pelayaran Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), genap 100 tahun hari ini. Kontribusi PIP melahirkan sumber daya manusia (SDM) pelaut yang andal tidak diragukan, sehingga dapat memajukan bidang transportasi laut dan logistik di Tanah Air.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Perayaan Satu Abad PIP Makassar yang sederhana namum hikmat, dan penuh dengan makna pun digelar sekaligus dengan Dies Natalies 100 Tahun PIP Makassar. Lembaga pendidikan ini pun mendapat Rekor Muri sebagai Sekolah Pelayaran Tertua di Indonesia

Dalam sambutannya Sekertaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengucapan selamat kepada PIP Makassar yang telah melaksanakan pendidikan pelaut di Indonesia yang saat ini merupakan revitalisasi Satu Abad Pendidikan Pelayaran di Indonesia. 

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

"Sejarah mencatat bahwa pelaut Indonesia adalah pelaut tangguh yang telah mencapai berbagai belahan dunia. Mulai dari sejarah Majapahit, Sriwijaya, hingga Samudra Pasai adalah bukti jika pelaut Indonesia adalah pelaut yang luar biasa. Karena para Taruna dan Taruni yang ada di Perguruan Tinggi Kemenhub harus bisa mempertahankan hal tersebut," kata Djoko, dikutip dari keterangannya, Kamis, 14 Oktober 2021.

Untuk itu, tambahnya, dalam rangka memperingati 100 Tahun PIP Makassar, menjadikan institusi ini menjadi salah satu satu sejarah upaya RI membangkitkan kejayaan Indonesia, khususnya sebagai Poros Maritin dunia.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Capt A Arif Priadi menyampaikan, sektor transportasi laut dan sektor logistik di Tanah Air tidak bisa dipisahkan dengan pemenuhan SDM transportasi. Yang selama ini menjadi perhatian dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BPSDMP.

Karena itu ditegaskan peran dan fungsi PIP sangat penting guna memastikan pemenuhan SDM transportasi laut tersebut."(SDM itu) Salah satunya adalah yang selama ini telah dilahirkan oleh PIP Makassar," katanya.

Capt Arif juga mengatakan, berdasarkan data yang ada pada tahun 2020 lalu PIP Makassar telah melahirkan sekitar 13.552 perwira pelayar dari tiga program studi yaitu Nautika, Tehnika, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP).

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Serta diklat norformal penjenjangan dan sertifikat pelaut yang telah dikeluarkan sekitar 58 ribu untuk pengawakan pelaut. Dan ini akan terus ditingkatkan sesuai arah dari Presiden bapak Joko Widodo untuk meningkatkan SDM yang unggul.

"Selain itu, itu sarana dan prasarana pendukung juga akan terus ditingkatkan termasuk di dalamnya Diklat, tenaga pengajar, kurikulum dan juga tidak kalah pentingnya adalah sertifikasi," kata Capt Arif. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto mengatakan, dengan usianya yang sudah 100 tahun, hasil didikannya PIP telah diserap dan berkerja membangun dunia transportasi sehingga dapat memperkuat sektor logistik di Tanah Air. 

Dirinya sangat berharap PIP Makassar terus melahirkan SDM unggul tidak hanya hard skill dan soft skill namun juga leadership dan karakter baik.

"Saat ini kita akan mencoba menggeser paradigman pendidikan vokasi di Tanah Air yang tidak hanya menghasilkan tenaga hard skill semata namun harus dapat menghasilkan calon pemimpin, calon entrepreneurship. Untuk ini kami akan mendorong agar pendidikan vokasi bisa link and match dengan industri dan stakeholder," katanya.

Merespons berbagai harapan tersebut, Direktur PIP Makassar, Capt Sukirno mengatakan, siap dan berkomitmen menjadi pendidikan tinggi pelayaran di Indonesia yang bisa menghasilkan SDM transportasi laut yang unggul. Serta, ikut berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"PIP Makassar juga menyadari pihaknya mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kualitas transportasi laut di Tanah Air dengan melahirkan dan menciptakan tenaga pelaut yang handal, kreatif, inovatif dan mandiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya