Cara PLN Ajak Masyarakat Bantu Sambung Listrik Warga Tidak Mampu

Petugas PLN melakukan sambung listrik untuk warga tidak mampu.
Sumber :
  • PLN

VIVA – PT PLN (Persero) kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride (VCRR) pada 16 Oktober sampai 07 November 2021, sebagai bagian peringatan Hari Listrik Nasional ke-76. Acara itu merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, serta dapat 'dicicil' baik jarak lari maupun bersepedanya dengan tujuan untuk beramal.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman menjelaskan, nantinya setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda akan dikonversikan dalam bentuk rupiah dan akan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik bagi masyarakat tidak mampu. Kali ini acara itu mengangkat tema 'Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku',

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, sambil menghadirkan listrik bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu," kata Syofvi dalam keterangan tertulisnya, Jumat 15 Oktober 2021.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Ilustrasi meteran tarif listrik PLN

Photo :
  • Dok. PLN

Syofvi menegaskan, PLN akan terus berupaya melistriki masyarakat Indonesia hingga ke seluruh pelosok negeri. Data rasio elektrifikasi atau perbandingan kepala keluarga berlistrik dengan total kepala keluarga secara nasional, dalam lima tahun terakhir tercatat meningkat cukup signifikan.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Pada tahun 2015, rasio elektrifikasi baru sekitar 88 persen, sementara pada bulan Agustus lalu sudah mencapai 99,4 persen," ujarnya.

Selain kondisi geografis daerah terpencil yang sulit diakses, salah satu tantangan mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen adalah keterbatasan masyarakat kurang mampu untuk melakukan penyambungan listrik.

Sebagai informasi, tanggung jawab PLN dalam menghadirkan listrik adalah hingga membangun jaringan-jaringan listrik ke sekitar rumah pelanggan. Sementara, untuk instalasi dalam rumah dan biaya penyambungan listrik menjadi tanggung jawab pelanggan.

"Masyarakat yang tidak mampu inilah yang akan kita bantu. Setelah sukses pada tahun lalu, PLN tahun ini kembali mengajak masyarakat ikut serta berbagi energi untuk menerangi nusantara. Tidak dengan uang, masyarakat cukup berolahraga melalui lari atau bersepeda," ujarnya.

Diketahui, periode pendaftaran PLN Mobile VCRR 2021 akan dibuka mulai tanggal 14 sampai 22 Oktober 2021, melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore/Appstore. Selanjutnya untuk mendapatkan kode voucher pendaftaran, para peserta dapat mengunjungi menu promosi dan informasi aplikasi PLN Mobile, lalu kemudian masuk ke website plnmobilevcrr.pln.co.id untuk login.

Baca juga: Pintu Masuk dan Tempat Karantina bagi WNI dari Luar Negeri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya