Intip Wajah Baru Bandara Lombok Jelang World Superbike 2021

Wajah Baru Bandara Lombok.
Sumber :
  • Instagram @lombokairport

VIVA – Dalam rangka World Superbike Championship (WSBK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang akan dilaksanakan 19-21 November 2021 sejumlah infrastruktur pendukung telah selesai disiapkan. Salah satunya Bandara Internasional Lombok.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Dilansir dari instagram @lombokairport pada Minggu 17 Oktober 2021, dijelaskan bahwa bandara tersebut telah selesai dikembangkan. Baik itu, terminal, apron, penambahan panjang runway dan juga fasilitas kargo.

Adapun untuk terminal penumpang Bandara Lombok mampu menampung 7 juta penumpang per tahun, dua kali lipat dari kapasitas sebelumnya. Terminal penumpang dilengkapi dengan 46 check-in counter dan 7 buah boarding gate.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Baca juga: Baru Diresmikan Jokowi, Intip Hotel Buat Acara G20 di Labuan Bajo

Saat ini, terminal penumpang Bandara Lombok memiliki luas mencapai sebesar 43.500 meter persegi. Terminal Bandara Lombok lebih luas dua kali lipat dari sebelumnya.

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Sedangkan di sisi udara, apron Bandara Lombok dapat melayani 16 pesawat, dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat berbadan lebar (wide body).

Sementara, runway juga telah diperpanjang menjadi 3.300 meter dan menjadi yang terpanjang ke lima di Indonesia. Sehingga, daya dukung Bandara Lombok mampu untuk didarati pesawat wide body sekelas Boeing 777 dan pesawat-pesawat kargo logistik MotoGP.

Ruang tunggu terminal Bandara Lombok.

Photo :
  • Instagram @lombokairport

Kemudian, untuk fasilitas kargo di Bandara Lombok kini pelatarannya menjadi seluas 6.000 meter persegi dari sebelumnya hanya sebesar 3.500 meter persegi. Fasilitas ini mampu menampung 40 unit truk kargo.

Tak hanya itu, pemerintah juga membangun jalan akses kargo Bandara Lombok sepanjang 1,5 km, yang akan menghubungkan terminal kargo dengan jalan bypass, sehingga memudahkan akses ke lokasi perhelatan WSBK Mandalika.

Dengan sejumlah peningkatan tersebut, Lombok Airport siap untuk mendukung kelancaran perhelatan event olahraga kelas dunia seperti World Superbike 2021, MotoGP 2022, serta berbagai gelaran akbar yang akan diadakan di Mandalika, Lombok, NTB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya