Intip Persiapan PLN Listriki World Superbike 2021 di Mandalika

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • instagram.com/themandalikagp/

VIVA – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Nusa Tenggara Barat, berhasil menuntaskan seluruh persiapan kelistrikan yang akan menyuplai Jalan Kawasan Khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda menjelaskan, hal tersebut ditandai dengan keberhasilan serangkaian commissioning test yang telah dilakukan sejak awal September 2021, yang merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian persiapan PLN dalam melistriki MISC.

"Commissioning test ini wajib dilakukan untuk menguji seluruh aspek dari komponen atau peralatan yang terbangun, yakni ketahanan, fungsi peralatan, dan lainnya," kata Syamsul dalam keterangan tertulisnya, Senin 18 Oktober 2021.

Baca juga: Intip Wajah Baru Bandara Lombok Jelang World Superbike 2021

Dia menambahkan, sebelumnya PLN juga telah merampungkan seluruh pekerjaan fisik untuk infrastruktur kelistrikan, yang akan menyuplai MISC di akhir Agustus 2021. 

"Hasil pengujiannya, peralatan PLN yang telah terpasang layak untuk dioperasikan. Artinya, PLN sudah 100 persen siap untuk melistriki gelaran internasional World Superbike (WSBK) di bulan November mendatang," ujarnya.

Dari sisi kecukupan daya, sistem kelistrikan Lombok yang akan menyuplai MISC, dipastikan dalam kondisi aman. Rata-rata beban puncak adalah 270 MW dan daya mampu yang tersedia adalah 376,8 MW.