Kejar Target dari Erick Thohir, PTPN Gencar Pasok Bibit Tebu ke Petani

Petani tebu.
Petani tebu.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVA – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III  melakukan peningkatan perbaikan kinerja operasional di seluruh PTPN Gula. Hal itu dilakukan guna mencapai ketahanan gula nasional sesuai dengan instruksi Pemerintah.

Direktur Pengembangan dan Produksi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Mahmudi mengungkapkan, perbaikan kinerja operasional dicapai melalui beberapa upaya. Salah satunya dengan pemberian subsidi bibit tebu unggul kepada petani tebu.

Dia menegaskan, petani merupakan salah satu mitra strategis bagi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III dan garda terdepan bagi program ketahanan gula nasional. Karena itu, bantuan bibit unggul diberikan kepada petani binaan Pabrik Gula (PG) Ngadiredjo, salah satu PG milik PTPN X. 

Di PTPN X, Holding PTPN memberikan bantuan bibit unggul untuk luasan lahan 496 Ha kepada 386 petani tebu binaan. Program ini juga merupakan bentuk upaya menurunkan Harga Pokok Produksi (HPP) yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani tebu.

“Pemberian subsidi bibit tebu unggul ke petani tebu rakyat di Indonesia sebagai upaya untuk bersama-sama memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian swasembada gula konsumsi nasional,” tegas Mahmudi dikutip dari keterangannya, Senin, 18 Oktober 2021.

Baca juga: Intip Mulusnya Aspal Sirkuit Mandalika, Bisa Digeber 310 Km Per Jam

Dia mengungkapkan, secara keseluruhan, Holding PTPN memberikan bantuan bibit unggul untuk lahan seluas 1.307 Ha tahun ini. Sedangkan, untuk masa tanam 2021/2022, total luas lahan yang mendapatkan bantuan bibit unggul ini adalah 1.563 Ha.