Jokowi Dibisiki Pedagang: Omzet Sudah Merangkak Naik

Presiden Jokowi ke Tarakan bersama para Dubes dari negara sahabat.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah duta besar negara sahabat saat kunjungan kerja di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Di sela-sela kunjungan, Jokowi mengajak para duta besar itu menengok salah satu toko kelontong milik warga.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Di depan para dubes, Jokowi pun mengajak dialog seorang perempuan muda yang memiliki toko kelontong tersebut. Menanyakan omzet dagang mereka.

“Kalau normal-normal sebelum pandemi berapa (omzet),” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 18 Oktober 2021.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Pedagang pun menyampaikan, semasa pandemi omzet mereka berkurang, namun sudah pulih belakangan ini. Mendapat informasi dari si pedagang, Jokowi juga menjelaskannya kepada para duta besar yang menemaninya. 

Pada kesempatan itu, Jokowi memang dijadwalkan memberikan bantuan kepada pedagang kaki lima (PKL) di sela - sela kegiatannya melihat pelaksanaan vaksinasi di Kota Tarakan. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Jokowi memberi bantuan Rp 1,2 juta kepada PKL tersebut. “Saya beri Rp 1, 2 juta cukup?,” kata Jokowi. 

Baca juga: Syarat Penerbangan Jawa Bali Terbaru: Harus Pakai PCR

“Insya Allah cukup. Terima kasih Pak, Alhamdulillah,” ucap pedagang itu kepada Presiden. 

“Dipakai, ya. Nanti dipakai untuk memperbesar barang-barangnya,” sahut Jokowi. 

Kepala Negara bilang, sedikit bantuan yang diberikan Pemerintah ini diharapkan agar geliat ekonomi terutama di kelas menengah-bawah kembali pulih. 

Jokowi menyadari betul, masa pandemi begitu sulit, apalagi para pedagang kaki lima yang hampir satu tahun setengah belakangan mengalami kekurangan pendapatan karena minimnya pembeli.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Water Front, Labuan Bajo.

Photo :
  • Instagram @jokowi / Agus Suparto

“Dari beberapa informasi yang disampaikan tadi mereka (Pedagang) optimis karena omzetnya sekarang sudah merangkak naik, jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita harapkan nanti apabila keadaan sudah normal omzet mereka pun juga akan jauh akan lebih baik lagi dari sebelumnya,” ujar Jokowi.

Sekadar diketahui, para duta besar negara sahabat yang ikut pada kegiatan Presiden di Kalimantan Utara adalah Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek, dan Duta Besar Cile untuk Indonesia Gustavo Nelson Ayares Ossandon. 

Kemudian, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari, Wakil Duta Besar Brasil untuk Indonesia Daniel Barra Ferreira, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya