Heboh Kabar Bakal Gantikan Garuda Indonesia, Pelita Air: Butuh Proses

Ilustrasi pesawat Pelita Air Service.
Sumber :
  • Dokumentasi Pelita Air Service.

VIVA – Maskapai penerbangan milik PT Pertamina (Persero), Pelita Air Service santer dikabarkan mengambil alih penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Menanggapi hal tersebut, Komisaris utama PT Pelita Air Service, Michael Umbas mengungkapkan, kalau untuk mengganti Garuda Indonesia jadi national flight carrier belum ada arahan.

"Karena memang hal tersebut butuh proses. Apalagi kan Garuda masih eksis," kata dia kepada wartawan, Rabu 20 Oktober 2021.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Meski demikian dia mengungkap, Pelita Air memang punya pengalaman panjang sebagai maskapai penerbangan nasional. Tapi, perlu upaya lebih kalau mau berkecimpung pada niaga berjadwal.

"Kami pasti sangat hati-hati dan terukur meskipun ada arahan pemegang saham," kata dia.

KPU Optimistis Pilkada Serentak 2024 Akan Berjalan sesuai UU

Baca juga: Muncul Klaster Sekolah, Jokowi Minta Pemda Jangan Kendur

Lebih lanjut Michael mengatakan, pihaknya memang sudah memproses dokumen perizinan sebagai maskapai layanan berjadwal dari yang sebelumnya cuma melayani charter atau sewa. Proses itu dilakukan di Kementerian Perhubungan.

Pesawat Garuda Indonesia

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

"Izin ke Kemenhub memang sudah berproses dan masih dalam tahapan apakah kami layak secara teknis dan bisnis untuk mendapatkan izin AOC dan rute berjadwal domestik," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya