Heboh Jembatan Cantik Ikon Baru Kota Banjarmasin 

Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin malam hari.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Lagi-lagi kementerian di bawah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuat bangga Indonesia. Kali ini, PUPR telah selesai membangun jembatan baru nan cantik dan menjadi ikon baru Kota Banjarmasin.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Jembatan tersebut adalah jembatan Sei Alalak yang membentang di atas sungai kayu tangi, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini sangat berbeda dengan jembatan biasanya yang telah dibuat Kementerian PUPR.

Dikutip dari instagram @pupr_binamarga, pada Kamis 21 Oktober 2021, jembatan ini adalah jembatan kabel stay dengan pylon melengkung dan memiliki art lighting dengan akurasi tinggi.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Baca juga: Bikin Geger, Ini Penampakan Bambu yang Dipakai PUPR Buat Jalan Tol

Di mana, art lighting ini tidak menerangi area saja, tapi spesifik kepada objek pencahayaan, yaitu dalam hal ini adalah fokus ke pylon jembatan. Sehingga, menjadi sangat cantik bila dilihat pada malam hari.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Dalam penjelasan PUPR, pencahayaan objek pylon tersebut ditentukan oleh kombinasi penempatan luminer, daya luminer dan sudut pencahayaan yang akurat, agar program pencahayaan RGB dapat maksimal dan atraktif.

Jembatan Sei Alalak Kota Banjarmasin

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Tak hanya itu, jembatan ini juga dipadukan dengan sejumlah teknologi canggih pencahayaan lainnya, di mana menggunakan software DIALUX yang membuat simulasi kuat cahaya dan sudut pencahayaan tampil secara akurat.

Jembatan Sei Alalak saat ini telah difungsikan masyarakat dan rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. Sehingga diharapkan dapat menjadi jembatan yang mempermudah logistik, barang dan jasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya